Breaking News:

KKN Undip

Mahasiswa Undip Cetuskan Program 'Mesem' dan 'Abe' di Masa Pandemi Covid-19

Sosialisasi kegiatan KKN Tim II Undip pada warga di Kelurahan Sidorejo, Kecamatan Temanggung, Kabupaten Temanggung.

IST
Sosialisasi kegiatan KKN Tim II Undip pada warga di Kelurahan Sidorejo, Kecamatan Temanggung, Kabupaten Temanggung 

TRIBUNJATENG.COM, TEMANGGUNG - Mahasiswa Tim II KKN Undip Universitas Diponegoro, Annisa Nur H. S (22) dari Fakultas Psikologi Undip menggaungkan program yang menjawab keresahan masyarakat.

Kegiatan dilaksanakan di lingkup terkecil tingkatan masyarakat yaitu RT 4 RW 6 Skip Baru Kelurahan Sidorejo, Temanggung.

“Keefektifan program, ketepatan sasaran, keamanan dan pengurangan resiko di tengan pandemi Covid-19, menjadi beberapa pertimbangan pengambilan lokasi pelaksanaan program”, terang Annisa Nur H. S., Senin (10/8/2020).

KKN kali ini memang sedikit berbeda karena mengusung model KKN pulang kampung sehingga mahasiswa dapat mengabdi di lingkungan masyarakat masing-masing.

Saat ini, masyarakat Indonesia di beberapa daerah berada di masa Adaptasi Kebiasaan Baru atau yang awalnya disebut New Normal Era.

Maka dari itu, perlu digaungkan bagaimana cara menjaga kesehatan fisik dengan mematuhi protokol kesehatan yang ada.

Selain kesehatan fisik, yang harus dijaga yaitu kesehatan mental masyarakat.

“Program ‘MESEM: Menjaga Kesehatan Mental dan Fisik di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru’ dapat menjadi salah satu solusi nya. Penelitian Firmansyah tahun 2017 menyimpulkan terdapat hubungan antara aspek fisik dan aspek psikologis, di mana keduanya bersama-sama saling mempengaruhi. Dijelaskan bahwa faktor-faktor psikologis berkontribusi pada kondisi tubuh,” jelas Annisa.

Pelaksanaan program ini sudah mulai dilaksanakan dari tanggal 20 Juli 2020 hingga tanggal 7 Agustus 2020 secara door to door ke rumah warga.

Terhitung sampai tanggal 5 Agustus 2020, sudah 35 dari 43 rumah telah dikunjungi dengan jumlah 57 warga.

Halaman
123
Editor: abduh imanulhaq
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved