Breaking News:

Beasiswa Perguruan Tinggi

Shela Berharap Bisa Lolos Seleksi KIP Kuliah

Kemendikbud mengalokasikan Rp 4 triliun lebih untuk KIP Kuliah pada tahun 2020 ini.

Shela Berharap Bisa Lolos Seleksi KIP Kuliah
Net
Universitas Diponegoro, Semarang

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Shela Eiga, satu di antara mahasiswi PTN yang ada di Kota Semarang berharap bisa lolos dalam seleksi pendaftaran program KIP Kuliah.

"Saya mendaftar awal Agustus lalu, sampai sekarang masih menunggu hasil seleksi dari Kemendikbud," paparnya kepada tribunjateng.com melalui sambungan telepon, Minggu (23/8).

Di tengah penantiannya Shela berharap cemas, karena takut tak lolos seleksi dalam program KIP Kuliah.

"Harapan saya lolos karena kondisi perekonomian keluarga saya sangat terdampak di tengah pandemi Covid-19. Kalau tidak lolos saya bingung mau bayar uang kuliah pakai apa," kata mahasiswa semester tengah itu.

Adapun dalam bantuan KIP Kuliah banguan UKT, mahasiswa yang lolos seleksi akan mendapat bantuan berupa pembayaran biaya kuliah Rp 2,4 juta setiap semester, serta tunjangan Rp 700 ribu untuk biaya hidup setiap bulannya.

Kemendikbud mengalokasikan Rp 4 triliun lebih untuk Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah). Dana dari APBN untuk KIP Kuliah itu akan disalurkan melalui tiga skema di tahun 2020. Tak hanya menyasar untuk mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (PTN), mahasiswa Perguruan Tinggi Swasta (PTS) juga bisa mendaftarkan diri.
Dalam skema pertama, Rp 1 triliun akan dialokasikan untuk bantuan uang kuliah tunggal (UKT) ke 419 ribu mahasiswa.

Sementara skema kedua, Rp 1,3 triliun akan disalurkan untuk beasiswa KIP Kuliah ke 200 ribu mahasiswa baru semester 1 tahun 2020.

Sedangkan skema ketiga,Rp 1,8 triliun dialokasikan untuk beasiswa bidik misi on going dan afirmasi perguruan tinggi ke 267 ribu orang.

Dalam situs KIP Kuliah Kemendikbud, pendaftaran KIP Kuliah dibuka Februari lalu, dan akan ditutup 31 Oktober mendatang.

Adanya KIP Kuliah juga tertuang dalamSurat Keputusan bernomor 17825/UN4.1.3/KM.01.00/2020 tentang bantuan UKT/SPP mahasiswa melalui program KIP-Kuliah 2020.

Adanya program KIP Kuliah membuat mahasiswa berlomba-lomba mendaftarakan diri di tengah dampak perekonomian karena pandemi Covid-19.

Terpisah di UIN Walisongo Semarang, hingga kini belum ada mahasiswa yang mendaftarakan diri dalam program KIP Kuliah.

Dijelaskan Alimul Huda Bagian Akademik UIN Walisongo Semarang, kepada Tribunjateng.com, nantinya pengajuan KIP Kuliah akan dibuka setelah seleksi yang dilakukan pada pendaftaran semua jalur.

"Karena program KIP Kuliah baru jadi kami masih pelajari aturannya terlebih dahulu,Juknis mengenai KIP Kuliah dari pusat juga masih kami dalami," ucapnya.

Ditambahkannya, setelah seleksi mahasiswa baru pada semua jalur selesai, pengajuan KIP Kuliah akan dibuka.
"Kemungkinan September mendatang akan kami buka, kami juga sudah punya sistemnya, mahasiswa bisa mendaftar melalui sistem tersebut, termasuk program bidik misi. Setelah itu akan kami seleksi untuk kemudian diajukan ke pemerintah pusat," tambahnya. (budi susanto)

Penulis: budi susanto
Editor: moh anhar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved