Breaking News:

Berita Semarang

Stifera Semarang Bagikan 1.500 Masker ke Tenaga Teknis Kefarmasian

Sekolah Tinggi Ilmu Farmasi Nusaputera (Stifera) Semarang melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) tentang pelatihan pembuatan desinfekta

Penulis: hermawan Endra | Editor: muh radlis
IST
Ist 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Sekolah Tinggi Ilmu Farmasi Nusaputera (Stifera) Semarang melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) tentang pelatihan pembuatan desinfektan dan hand sanitizer praktis dari rumah serta pembagian masker.

Pada kegiatan ini STIFERA bekerjasama dengan Persatuan Ahli Farmasi (PAFI) Kota Semarang. PAFI Kota Semarang merupakan organisasi profesi yang memiliki anggota Tenaga Teknis Kefarmasian (TTK) yang bekerja di fasilitas pelayanan kesehatan seperti Rumah Sakit, Puskesmas, Klinik, dan Apotek.

Kegiatan PKM dengan tema “Pemberdayaan Tenaga Teknis Kefarmasian Dalam Organisasi PAFI Kota Semarang dalam Hal Pelatihan Pembuatan Desinfektan dan Hand Sanitizer Praktis Dari Rumah serta Pembagian Masker” dilakukan secara online melalui webinar pada tanggal 16 Agustus 2020 yang diikuti oleh kurang lebih 500 peserta.

Duda & Janda Cantik Asal Semarang Digerebek di Kos, Ngaku Pasutri Ternyata Baru Kenal di MiChat

Celingukan di Depan Toilet Umum, 2 Pria Asal Boyolali Ini Ternyata Hendak Transaksi Narkoba

Punya Ilmu Kebal, Kasim Sempat Tertawa saat Tubuhnya Tak Mempan Dibacok Andi

Pelaku Bunuh 1 Keluarga di Baki Sukoharjo Tepat saat Jatuh Tempo Utang, 2 Barang Ini yang Diincar

Pada kegiatan webinar ini dibuka oleh Haris Kintoko, A.Md.Farm., S.ThI selaku Ketua PD PAFI Jawa Tengah dan dilanjutkan dengan pemaparan materi mengenai Covid-19 yang disampaikan oleh apt. Yithro Serang, M.Farm selaku Ketua STIFERA.

Selain itu pemaparan prilaku hidup bersih dan sehat oleh apt. Sri Suwarni, S.Farm., M.Sc dan penutup di akhir yaitu tutorial cara pembuatan desinfektan dan hand sanitizer praktis dari rumah yang disampaikan oleh apt. Nurista Dida A, S.Farm., M.Sc.

Dosen STIFERA apt. Nurista Dida Ayuningtyas, S.Farm., M.Sc menjelaskan STIFERA merupakan Sekolah Tinggi yang bergerak di bidang kefarmasian memiliki salah satu misi yaitu “Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat sebagai bentuk implementasi dari ilmu pengetahuan dan teknologi kefarmasian untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat”.

Sehingga ia melihat bahwa STIFERA perlu juga membantu pemerintah dalam penanganan covid-19. Kegiatan PKM yang dilakukan STIFERA merupakan bentuk kontribusi langsung STIFERA kepada masyarakat khususnya TTK.

"TTK selain harus melayani masyarakat di fasilitas kesehatan, tetapi juga sebagai pribadi harus menjaga keluarganya dari virus covid-19 dengan cara menerapkan prilaku hidup bersih dan sehat di lingkungan keluarga, " ujarnya dalam siaran tertulis yang diterima Tribun Jateng, Rabu (26/8).

Pada tutorial pembuatan desinfektan dan hand sanitizer disampaikan oleh apt. Nurista Dida disampiakan TTK dapat membuat produk tersebut sendiri dari rumah secara praktis dan akan lebih ekonomis mengingat sekarang ini jika membelinya harga di pasaran masih terlalu tinggi.

TTK dapat membuat desinfektan dengan cara membeli produk pembersih lantai yang mengandung pine oil ataupun produk pemutih baju yang mengandung natrium hipoklorida dan melakukan pengenceran produk tersebut sesuai takaran dengan air.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved