Breaking News:

Berita Banyumas

Total Ada 53.778 UMKM di Banyumas yang Diajukan Terima Bantuan Presiden

"Sudah lengkap by name, alamat, produk dan juga NIK dan rekening dan yang melakukan verifikasi adalah pihak pusat....

TribunJateng.com/Permata Putra Sejati
Kepala Dinas Tenaga Kerja Koperasi dan UMKM Kabupaten Banyumas, Joko Wiyono saat ditemui Tribunbanyumas.com di Kecamatan Purwojati, pada Jumat (4/9/2020). 

TRIBUNJATENG.COM, PURWOKERTO - Sampai dengan saat ini ada 53.778 pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Banyumas yang terdata dalam Bantuan Pemerintah Bagi Pelaku Usaha Mikro (BPUM).

Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja Koperasi dan UMKM Kabupaten Banyumas, Joko Wiyono yang mengatakan bantuan presiden kepada pelaku usaha kecil akan dibagi dalam 4-5 tahap.

Tahap pertama 12 Agustus ada sekitar pelaku 10.158 UMKM, kemudian tahap kedua pada 19 Agustus ada 17.457 UMKM, tahap ketiga pada  28 Agustus ada 9.687 UMKM dan tahap keempat pada 2 September 16.485 UMKM.

"Sehingga total ada 53.778 UMKM yang terdata di Banyumas," ujar Joko kepada Tribunbanyumas.com, Jumat (4/9/2020).

Pihaknya mengatakan jika data bantuan presiden bagi pelaku UMKM khusus di Banyumas sudah terkirimkan ke kementerian pusat beserta data lengkapnya.

"Sudah lengkap by name, alamat, produk dan juga NIK dan rekening dan yang melakukan verifikasi adalah pihak pusat, kita hanya meneruskan usulan dari teman-teman UMKM," imbuhnya.

Pihaknya menyampaikan jika syarat mendapatkan bantuan presiden itu cukup mudah, yaitu ia adalah para pelaku UMKM, mempunyai NIK, ada produknya, alamatnya nomer hp dan rekening bank.

Pada tahap awal penyaluran bantuan adalah melalui bank pemerintah di Banyumas sudah ada sekitar 2.500 UMKM yang menerima bantuan dan dan akan terus bertambah.

"Terima bantuannya sekali saja yaitu Rp 2.4 juta," tambahnya.

Joko Wiyono menuturkan jika uang tersebut dapat digunakan apa saja karena yang penting adalah untuk stimulus usaha agar para pelaku UMKM eksis ditengah pandemi.

Tujuannya agar survive ditengah pademi, sehingga mau tidak mau berpengaruh pada produk yang dijual.

Pihaknya menambahkan jika total UMKM yang ada di Banyumas total sekitar 63 ribu. (Tribunbanyumas/jti)

Penulis: Permata Putra Sejati
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved