Breaking News:

UNS Surakarta

PUIPT UNS Fintech Center Adakan Kompetisi Inovasi dan Pelatihan Keuangan Digital

Pemenang dari kegiatan kompetisi inovasi digital ini nantinya akan dibina oleh PUIPT Center for Fintech and Banking UNS dan perusahaan venture capital

IST
PUIPT UNS Fintech Center adakan Kompetisi Inovasi dan Pelatihan Keuangan Digital 

TRIBUNJATENG.COM, SOLO - Center for Fintech and Banking Universitas Sebelas Maret (UNS Fintech Center) yang telah ditetapkan sebagai salah satu Pusat Unggulan Ipteks Perguruan Tinggi (PUIPT) oleh Direktorat Kelembagaan Dirjen Pendidikan Tinggi Kemendikbud mengadakan kompetisi inovasi digital 2020 untuk mahasiswa.

Kompetisi inovasi digital ini mengangkat tema “Dare to Create Impactful Digital Product” dengan total hadiah sebesar Rp 15 Juta.

Kepala UNS Fintech Center, Irwan Tri Nugroho, Ph.D mengatakan, penerimaan proposal dalam kompetisi ini dimulai 31 Agustus sampai 17 Oktober 2020.

Tim penilai dari kegiatan ini merupakan kombinasi dari pengusaha digital, akademisi dan perusahaan venture capital.

Grand final berupa presentasi dihadapan tim penilai direncanakan pada 5 November 2020.

Kemudian diikuti dengan workshop dan pemberian penghargaan pemenang pada tanggal 7 November 2020.

"Pemenang dari kegiatan kompetisi inovasi digital ini nantinya akan dibina oleh PUIPT Center for Fintech and Banking UNS dan perusahaan venture capital yang berkolaborasi dengan PUIPT. Kami berharap, inovasi-inovasi ini akan menjadi suatu produk digital yang benar-benar diimplementasikan," terang Irwan, Senin (7/9/2020).

Selain itu, Center for Fintech and Banking UNS juga mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat berupa pelatihan keuangan digital dan technopreneurship pada tanggal 26 Juli 2020 kemarin di Dusun Wonorejo, Desa Bejen, Karanganyar.

Peserta pelatihan adalah pemuda yang tergabung dalam karang taruna dusun tersebut.

Kegiatan tersebut dilakukan secara kombinasi daring dan luring sesuai dengan protokol kesehatan.

Adapun materi yang diberikan pada kesempatan tersebut adalah berkaitan dengan perencanaan keuangan bagi millenial, pengenalan keuangan digital serta pengenalan wirausaha berbasis digital.

PUIPT UNS Fintech Center adakan Kompetisi Inovasi dan Pelatihan Keuangan Digital
PUIPT UNS Fintech Center adakan Kompetisi Inovasi dan Pelatihan Keuangan Digital (ist)

Irwan menambahkan, pelatihan tersebut merupakan hal yang penting khususnya bagi pemuda terutama untuk memperkenalkan berbagai peluang menjadi wirausaha dengan memanfaatkan teknologi yang ada.

Selain itu, materi pelatihan mengenai perencanaan keuangan (financial planning) memberikan pemahaman dan pembekalan kepada generasi muda untuk mengenal instrumen-instrumen keuangan dan selalu membuat serta mempersiapan perencanaan keuangan sejak dini.

"Kegiatan-kegiatan tersebut sesuai dengan misi dari PUIPT Center for Fintech and Banking UNS yang tidak hanya didedikasikan untuk melakukan kegiatan riset dan kajian kebijakan, namun juga melakukan aktivitas-aktivitas pengabdian kepada masyarakat seperti edukasi, pelatihan dan pendampingan sehingga pada akhirnya keberadaan PUIPT ini akan memberikan kemanfaatan bagi masyarakat luas," tandas Irwan. (*)

Editor: abduh imanulhaq
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved