Breaking News:

Cobalah Produksi Roti Ganjel Rel, Widya sudah Buktikan Laris Manis

Cobalah Produksi Roti Ganjel Rel, Widya di Temanggung sudah Buktikan Laris Manis dan kirim rotinya ke sejumlah kota.

tribunjateng/mahasiswa UIN Magang
Proses pembuatan roti ganjel rel khas Temanggung 

TRIBUNJATENG.COM, TEMANGGUNG - Selama masa pandemi ini orang lebih banyak waktu di rumah. Bagi orang kreatif dan mau mencoba untuk buka usaha tentu tak kurang akal memulainya. Apalagi bila jeli melihat peluang pasar.

Sebut saja Widyani (45) wanita warga Dalem Rongkot, Desa Pandowo, Kecamatan Kranggan Kabupaten Temanggung ini jeli lihat peluang. Dia suka makan roti Ganjel Rel (Semarang) atau Roti Gambang (Jakarta) tapi mau beli roti "peninggalan Belanda" itu tak ada di Temanggung.

Roti ganjel rel atau roti gambang hampir sama, sama-sama warna coklat dan ditaburi wijen di atasnya, keras dan tahan lama serta bikin awet kenyang. Maka Widya pun coba memulai membuat roti ganjel rel tersebut. Orang mengenalnya sebagai roti khas Semarang atau Jakarta. Tapi Widya pengin memperkenalkan bahwa roti ganjel rel yang bentuknya seperti ganjal rel itu, ada di Temanggung juga.

Proses pembuatan roti ganjel rel khas Temanggung
Proses pembuatan roti ganjel rel khas Temanggung (tribunjateng/mahasiswa UIN Magang)

"Kenapa saya memproduksi roti ganjel rel. Karena menurut saya, ini merupakan makanan yang harus diangkat untuk menjadi makanan favorit serta mempunyai nilai sejarah dan manfaat untuk kesehatan," terang Widyani (45) pemilik usaha roti ganjel rel di Temanggung, Sabtu 5 September 2020.

Kalau roti Ganjel Rel Semarang atau Gambang Jakarta biasanya terasa keras dan ditaburi wijen. Maka Widya mengombinasikannya dengan membuat roti ganjel rel namun teksturnya empuk dan tetap ada taburan wijen di punggungnya.

Dia mulai usaha ini Maret 2020 dengan menamainya Roti Ganjel Rel Kanjeng Mami. Dalam waktu singkat usahanya berkembang dan saat ini roti ganjel rel sudah dikirim ke sejumlah kota antara lain Semarang, Yogjakarta dan Temanggung sendiri.

Proses pembuatan roti ganjel rel khas Temanggung
Proses pembuatan roti ganjel rel khas Temanggung (tribunjateng/mahasiswa UIN Magang)

"Roti ganjel rel ini juga direkomendasikan sebagai oleh-oleh Temanggung ketika keluarga selebriti Anang dan Ashanty berkunjung di kota Tembakau ini," terang Widya kepada mahasiswa UIN Walisongo magang Jurnalistik di Tribunjateng.com.

Widya memberitahukan proses pembuatan dan bahan yang diperlukan untuk membuat roti ganjel rel. Bahannya yaitu tepung beras, telur, gula aren, jahe, bunga lawang, kapulaga, kayu manis, kayu mesoi, origano. Proses ada dua tahap, yaitu pembuatan kering dengan susu bubuk, tepung dan telur dimasukkan secara bersamaan kemudian dicampurkan terlebih dahulu.

Tahap dua yaitu rebus gula aren, serta rempah-rempah hingga medidih kemudian disaring. Setelah itu, campurkan adonan pertama dengan cairan rebusan yang kedua lalu diaduk hingga merata. Tuangkan adonan ke loyang diberi taburan wijen kemudian masukkan ke oven. Setelah roti ganjel rel matang, dan siap untuk disajikan.

Pembuatan roti ganjel rel tanpa pengawet dan pemanis buatan. "Ini menggunakan gula aren dan kayu manis sehingga bisa awet alami tanpa pengawet," terang Widya. Semua bahan-bahan di atas mudah diperoleh di Temanggung.

Widyani dalam mempromosikan Roti Ganjel Rel Kanjeng Mami dengan memanfaatkan IG dan Facebook. Roti ini murah, hanya Rp 15 ribu per potongan seberat 1/4 kilogram. Selamat mencoba. (Mahasiswa UIN Magang Jurnalistik di Tribunjateng.com/Peni Dwiyanti, Mega Yunira).

Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved