Breaking News:

RESENSI BUKU

Pelajari Marketing Digital bila Bisnismu Tak Ingin Kalah Bersaing

Buku ini mengajak pembaca untuk hijrah dari marketing konvensional ke marketing digital.

TRIBUN JATENG
Cover Buku Marketing Digital 

Judul Buku : Marketing Digital

Penulis : Pof. Vincent Didiel Wiet Aryanto, M.B.A., P.h.D. dan Dr. Yohan Wismantoro, S.E., M.M.

Penerbit : Kanisius

Cetakan : Pertama, 2020

Tebal : 248 halaman

ISBN : 978-979-21-5672-0

PEMASARAN atau marketing di dalam bisnis menjadi hal yang sangat vital. Semua pebisnis, yang bagus dan menarik cara pemasarannnya akan lebih banyak mendapatkan konsumen dari pada pebisnis yang kurang bagus dan kurang menarik pemasarannya. Oleh karena itu, para pebisnis berlomba untuk membuat pemasaran semenarik mungkin, agar memperoleh lebih banyak konsumen.

Perkembangan teknologi menuntut mereka, pebisnis, untuk bertranformasi dari cara pemasaran konvensional menjadi marketing digital atau internet marketing. Berdasarkan data Google tahun 2017, sebanyak 34% pebisnis sudah mengintegrasikan perencanaan bisnisnya menggunakan marketing digital. Sekitar 72% pebisnis mengatakan bahwa, pemasaran secara konvensional sudah kalah bersaing dengan marketing digital.

Marketing dalam dunia nyata dipandang kurang praktis. Ditinjau dari segi capaian target, dalam marketing konvensional, hanya bisa menggaet masyarakat sekitar yang bisa mengetahui atas penawaran produknya. Sedangkan marketing digital, jauh lebih praktis dan sangat efisien. Dari segi sasaran pemasaran, pebisnis bisa menarget siapa pun di dunia maya lebih luas capaiannya dari marketing konvensional.

Penduduk dunia, mayoritas sudah menggunakan internet dan media sosial. Pemasaran produk bisa menggunakan website atau media sosial, seperti Instagram, Facebook dan lainnya untuk dijadikan media pemasaran. Penggunaan media internet ini, tidak perlu berkeliling melakukan pemasaran produk, pebisnis cukup duduk di kantor dengan nyaman, sudah bisa mempromosikan produknya ke banyak orang.

Buku ini mengajak pembaca untuk hijrah dari marketing konvensional ke marketing digital. 

Memasarkan produk secara digital atau online, tidak akan lepas dari website, serta berbagai platform media sosial. Situs web yang kurang menarik, tidak akan bisa menggaet calon konsumen berkunjung ke website kita. Konsekuensinya, produk yang kita tawarkan akan sepi pembeli, karena calon konsumen, tidak tertarik mengunjungi situs web kita. Akan tetapi, pembaca tidak perlu khawatir, penulis buku ini sudah memaparkan bagaimana cara mengelola situs web yang menarik agar banyak pengunjungnya.

Selain mengiklankan menggunakan situs web, pebisnis juga bisa mengiklankan lewat berbagai media sosial, seperti Facebook, Instagram, dan Twitter. Jarang sekali masyarakat yang tidak menggunakan media sosial dalam kehidupan sehari-hari. Jadi, media sosial bisa dijadikan alat untuk mengiklankan produk.

Hadirnya buku ini, menjadi pencerah bagi banyak orang untuk meningkatkan cara berbisnis yang lebih efisien dan lebih praktis. Kita diajak untuk bertransformasi dari bisnis yang kurang canggih ke dalam dunia bisnis yang lebih canggih. Karena di masa depan, bisnis yang menggunakan marketing konvensional akan kalah bersaing dengan digital marketing. (*)

 *)Peresensi: Bagis Syarof, Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Editor: moh anhar
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved