Breaking News:

Berita Jawa Tengah

Warga Jateng Diminta Kenali Tanda Alam Jika Akan Terjadi Bencana

Seperti supermarket bencana, berbagai macam bencana kerap terjadi di provinsi ini: banjir, longsor, puting beliung, hujan es

Penulis: mamdukh adi priyanto | Editor: muslimah
Istimewa
Gubernur Ganjar melihat peralatan milik Badan Pencarian dan Pertolongan atau Basarnas untuk menghadapi bencana alam hidrometeorologi di Jateng 

TRIBUNJATENG.COM,SEMARANG - Setiap tahun di Provinsi Jawa Tengah selalu terjadi bencana alam. Seperti supermarket bencana, berbagai macam bencana kerap terjadi di provinsi ini: banjir, longsor, puting beliung, hujan es.

Oleh karena itu, dibutuhkan kesiapsiagaan semua pihak, baik pemerintah melalui otoritas kebencanaan dan masyarakat.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, menyatakan tim gabungan kesiapsiagaan bencana siap melakukan penanganan bencana hidrometeorologi.

Ia memastikan bahwa pihaknya akan proaktif dengan memulai mengolah data prediksi dari BMKG, membuat peta bencana, termasuk infrastruktur.

Informasi tersebut kemudian disebarkan supaya masyarakat dapat mempersiapkan diri dan mengantisipasi lebih awal.

"Kita pro aktif supaya masyarakat kalau lewat jalan aman. Kalau ada potensi banjir dan longsor kita ingatkan," kata Ganjar, usai apel kesiapsiagaan bencana di halaman Kantor Pemprov Jateng, Senin (26/10/2020).

Ia meminta masyarakat paham mitigasi bencana. Selain itu, kata dia, warga harus jeli melihat tanda alam jika terjadi bencana.

Masyarakat pastinya sudah mengetahui tanda- tanda apa yang muncul sebelum terjadi bencana menurut kearifan lokal setempat.

Namun, hal tersebut juga harus didukung dengan adanya peralatan dan teknologi. Misalnya alat peringatan dini atau early warning system (EWS).

Ganjar menuturkan telah memetakan daerah- daerah berdasarkan kerawanan bencana. Selain daerah, sungai- sungai yang berpotensi banjir serta tanggul rawan jebol juga telah didata.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved