UNS Surakarta

Selamat! Prodi Sastra Inggris FIB UNS Raih Akreditasi A

Indikator tersebut adalah visi-misi, tujuan dan strategi pencapaian tujuan, tata pamong, kepemimpinan, pengelolaan, jaminan mutu, dll

Editor: abduh imanulhaq
TRIBUNSOLO.COM/RYANTONO PUJI SANTOSO
Prodi Sastra Inggris FIB UNS meraih akreditasi A 

TRIBUNJATENG.COM, SOLO - Program Studi (Prodi) Sastra Inggris Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta berhasil mendapatkan akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), Selasa (3/11/2020).

Akreditasi tersebut tertuang dalam Surat Keputusan (SK) BAN-PT Nomor: 6723/SK/BAN-PT/Akred/S/X/2020 Tentang Peringkat Akreditasi Program Studi Sastra Inggris pada Program Sarjana Universitas Sebelas Maret, Kota Surakarta yang ditandatangani langsung Direktur Dewan Eksekutif BAN-PT, T. Basaruddin.

Dalam proses akreditasi ini, Prodi Sastra Inggris harus melengkapi sejumlah berkas yang diminta oleh asesor BAN-PT yaitu Prof. Burhanudin Arafah dari Universitas Hasanudin (Unhas) Makassar dan Dr. Adi Sutrisno dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta.

Kepala Prodi (Kaprodi) Sastra Inggris, Dr. Fitria Akhmerti Primasita mengatakan, persiapan telah dilakukan sejak tahun 2018 karena akreditasi akan diajukan pada tahun 2019.

Namun, pengajuan akreditasi terpaksa diundur dan baru dilakukan pada tahun 2020.

“Selama proses akreditasi ada pendampingan oleh Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LPPMP) UNS melalui Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME). Diberi 2 asesor internal dan di tingkat fakultas oleh Unit Penjaminan Mutu (UPM) dan SPME fakultas,” terang Dr. Fitria.

Dr. Fitria menyebutkan ada sejumlah indikator penilaian dalam proses akreditasi.

Indikator tersebut adalah visi-misi, tujuan dan strategi pencapaian tujuan, tata pamong, kepemimpinan, pengelolaan, jaminan mutu, mahasiswa dan lulusan, Sumber Daya Manusia (SDM), kurikulum, pembelajaran dan suasana akademik, pembiayaan, sarana dan prasarana (Sarpras), sistem informasi, penelitian, pelayanan/ pengabdian kepada masyarakat, dan kerja sama.

Dengan hasil yang membanggakan ini, Dr. Fitria, mengaku bersyukur atas akreditasi A yang diberikan kepada Prodinya.

Ia berharap akreditasi A ini dapat memacu semangat dan komitmen dosen dan tenaga kependidikan di Prodi Sastra Inggris dalam meningkatkan kualitas pembelajaran.

“Merasa bersyukur dan perlu usaha yang lebih keras lagi. Harapannya, semoga bermanfaat bagi Prodi, dosen, mahasiswa dan alumni. Kami ingin mempertahankan peringkat akreditasi A dan menyiapkan untuk akreditasi internasional,” tandas Dr. Fitria. (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved