UNS Surakarta

Peringkat UNS Naik ke 401-450 Versi QS AUR

keberhasilan ini tidak terlepas dari komitmen pimpinan universitas yang kemudian diturunkan melalui berbagai program-program world class university ya

Editor: abduh imanulhaq
IST
Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerjasama UNS, Prof. Sajidan 

TRIBUNJATENG.COM, SOLO - Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta berhasil naik ke peringkat 401-450 Quacquarelli Symonds (QS) World University Rankings: Asian Region atau yang dikenal sebagai QS Asian University Rankings (QS AUR).

Hal ini berdasarkan fact file yang telah dikirimkan oleh QS, lembaga pemeringkat perguruan tinggi global.

Kepala UPT Layanan Internasional UNS, Irwan Trinugroho, Ph.D mengatakan, secara resmi, QS AUR 2021 edition ini akan diumumkan oleh QS pada tanggal 25 November 2020.

Dari fact file tersebut, ada 638 perguruan tinggi di Asia yang masuk dalam QS AUR 2021 edition.

“Dari 638 perguruan tinggi tersebut, UNS termasuk dalam top 60%, naik signifikan dari edisi sebelumnya yaitu di top 81%,” terang Irwan, Jumat (13/11/2020).

Irwan menambahkan, hasil yang dicapai ini sesuai dengan target yang dicanangkan oleh UNS agar pada tahun 2020 bisa masuk ke peringkat 401-450 QS AUR.

Pada tahun 2021 (QS 2022 edition) target yang dicanangkan adalah UNS masuk ke 801-1000 QS World University Rankings dan 351-400 QS AUR.

Kenaikan yang paling signifikan dari tahun sebelumnya yang mendorong pada peningkatan ranking adalah pada komponen jumlah mahasiswa internasional, jumlah inbound student exchange dan jumlah publikasi yang terindeks di Scopus per jumlah dosen.

Demikian pula, terdapat peningkatan jumlah sitasi di Scopus.

Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerjasama UNS, Prof. Sajidan mengatakan, keberhasilan ini tidak terlepas dari komitmen pimpinan universitas yang kemudian diturunkan melalui berbagai program-program world class university yang dilakukan pada tahun 2019 dan 2020.

Meski demikian, perbaikan terus-menerus harus selalu dijalankan utamanya untuk mendongkrak pada aspek-aspek penting dalam penilaian.

Di antaranya peningkatan reputasi akademik, peningkatan kualitas riset dan publikasi serta peningkatan reputasi dalam penilaian pengguna lulusan.

Lebih lanjut, dengan bertransformasinya UNS menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN-BH), diharapkan langkah untuk menjadi perguruan tinggi berkelas dunia menjadi lebih dipermudah.

“UNS telah mencanangkan tekad untuk menjadi perguruan tinggi 500 besar dunia pada tahun 2023. Hal ini sesuai dengan PP No. 56/2020 mengenai PTN BH dimana salah satu tujuan UNS adalah menjadikan UNS sebagai universitas bereputasi internasional,” terang Prof. Sajidan. (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved