Breaking News:

Berita Batang

Antisipasi Banjir, Pemkab Batang Kerahkan 4.800 Orang untuk Bersihkan Aliran Sungai

Ribuan orang dilibatkan dalam program padat karya yang digagas Pemkab Batang.  Program tersebut digelar selama 25 hingga 30 hari

Penulis: budi susanto | Editor: muh radlis
TRIBUN JATENG/BUDI SUSANTO
Bupati Batang Wihaji, bersama masyarakat melakukan pemberihan aliran sungai dalam progam padat karya, di Kelurahan Proyoanggan Utara, Kecamatan Batang, Kamis (19/11/2020). 

TRIBUNJATENG.COM, BATANG - Ribuan orang dilibatkan dalam program padat karya yang digagas Pemkab Batang. 

Program tersebut digelar selama 25 hingga 30 hari, untuk menormalisasi sungai sepanjang 4,8 kilometer yang ada di Kecamatan Batang.

Dalam pelaksanaannya, Pemkab Batang menggelontorkan dana Rp 1,3 miliar, untuk membayar para pekerja. 

Menurut Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Kabupaten Batang, Suprapto, 4.800 orang dari masyarakat sekitar sungai akan dilibatkan. 

"Dalam kegiatan padat karya normalisasi sungai, warga akan dilibatkan dalam dua pekerjaan dengan total anggaran Rp1,3 miliar," paparnya, Kamis (19/11/2020).

Dipaparkannya, normalisasi sungai di wilayah Kecamatan Batang, akan dikerjakan beberapa kelompok. 

"Setiap kelompok kerja, akan diisi 15 hingga 23 orang, jadi dalam sehari akan menyerap 160 tenaga kerja. Kalau selama 20 sampai 30 hari, sebanyak 4.800 tenaga kerja akan terserap," jelasnya. 

Sementara itu, Bupati Batang Wihaji, yang ikut berjibaku dalam program padat karya normalisasi sungai di Kecamatan Batang, menuturkan, padat karya sebagai upaya antisipasi banjir karena pendakalan sungai.

"Karena dangkal, saat musim hujan datang, sungai di wilayah Kecamatan Batang debit airnya nya naik. Untuk itu padat karya dijalankan," ujarnya. 

Ia menerangkan, upah pada program padat karya untuk masyarakat selama empat jam Rp 75 ribu, serta uang makan Rp 10 ribu. 

"Kami rasa padat karya lebih hemat dan efektif untuk meminimalisir banjir karena pendangkalan sungai dampak dari banyaknya sampah," tambahnya. (bud)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved