Breaking News:

Berita Semarang

Jembatani Lulusan ke Dunia Kerja, Unika Soegijapranata Gelar Virtual Job Fair pada Desember 2020

Unika Soegijapranata Semarang melalui UPT Pusat Karir Mahasiswa akan kembali menggelar job fair.

TRIBUN JATENG/AKBAR HARI MUKTI
Ilustrasi. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Untuk menjembatani para lulusan terserap dunia kerja, Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata Semarang melalui UPT Pusat Karir Mahasiswa atau Soegijapranata Student Career Center (SSCC) akan kembali menggelar job fair.

Job fair tersebut akan digelar dengan menggunakan sistem online atau virtual dengan tema Virtual Unika Job & Internship Fair (VUJIF) #3 Tahun 2020. Para pencari kerja dapat melakukan kegiatan buka-tutup-upload pada link jobfair.unika.ac.id.

"Masih dengan menggunakan sistem online, kegiatan VUJIF #3 tahun 2020 ini bertujuan menjembatani para lulusan ke dunia kerja. Para pencari kerja, bisa memasukkan lamaran secara virtual selama 5 hari yaitu 7-11 Desember 2020," kata Kepala UPT Pusat Karir Mahasiswa Unika, Yuliana Sri Wulandari, Senin (30/11/2020).

Yuliana menuturkan, meskipun terjadi kelesuan di berbagai bidang usaha akibat pandemi, namun masih ada perusahaan yang tetap berdiri dan bertahan. Hal itu yang mendasari Unika menggelar job fair virtual tersebut.

Berbeda dari yang pertama dan kedua, job fair virtual ketiga pada Desember ini terdapat beberapa kegiatan yang mengikuti. Promosi perusahaan dilakukan 7-9 Desember. Dan, serial webinar siap kerja (3 webinar) bersertifikat bagi yang mengikuti.

"Promosi perusahaan adalah kesempatan bagi perusahaan untuk dapat memperkenalkan perusahaan mereka kepada para job seeker (pencari kerja), dan kesempatan job seeker untuk menanyakan hal-hal yang dapat disampaikan ke perusahaan," jelasnya.

Terkait hal itu, dikatakannya, untuk masing-masing perusahaan akan terjadwal pada hari dan jam tertentu secara online melalui zoom. Jadi para pencari kerja perlu memperhatikan agenda kegiatan tersebut sebelum memasukkan atau upload lamaran ke perusahaan yang dituju.

"Pada 9 Desember, Kota Semarang akan melakukan Pilkada. Namun job seeker dapat tetap melakukan kegiatan buka-tutup-upload link job fair Unika," tambahnya.

Terkait serial webinar siap kerja, Yuliana memaparkan, webinar ini akan menghadirkan praktisi HR dari kampus Unika seperti CVR Abimayu, yaitu dosen, psikolog dan motivator dari Fakultas Psikologi. Selain sebagai dosen, ia juga berperan aktif dalam pengembangan kepribadian pada pelatihan soft skill yang diadakan oleh SSCC.

"Kami berharap dengan adanya webinar siap kerja ini dapat membantu mahasiswa semester akhir ataupun yang sudah lulus, baik internal Unika maupun eksternal, dapat lebih meyakini diri bahwa meskipun di masa pandemi seperti ini mereka tetap akan melakukan hal yang berarti, terutama dalam persiapan kerja," harapnya.

Job fair virtual yang akan datang ini diikuti oleh sedikitnya 10 perusahaan yang bergerak di berbagai bidang. Mulai dari pialang, distributor, kantor akuntan publik dan lain-lain. (*)

Penulis: m zaenal arifin
Editor: sujarwo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved