Breaking News:

Aktivitas Gunung Merapi

Info Terkini Gunung Merapi: Aktivitas Kegempaan Menurun, Tubuh Juga Ada Pemendekan

Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta memberikan update laporan terkini aktivitas Gunung Merapi.

Editor: m nur huda
Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya
Puncak Gunung Merapi dilihat dari Wisata Kali Talang, Klaten, Jawa Tengah. 

TRIBUNJATENG.COM, YOGYA - Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta memberikan update laporan terkini aktivitas Gunung Merapi.

Hingga saat ini, Gunung Merapi yang berada di perbatasan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Jawa Tengah ini masih berstatus Siaga level III.

Berdasarkan hasil pantauan terbaru BPPTKG Yogyakarta, intensitas kegempaan Merapi pada pekan ini dilaporkan menurun dibanding pada minggu lalu.

"Intensitas kegempaan pada minggu ini lebih rendah dibandingkan minggu lalu," ujar Kepala BPPTKG, Hanik Humaida, Jumat (4/12/2020). 

Pada pekan ini, jelas Hanik, kegempaan Gunung Merapi tercatat 236 kali gempa Vulkanik Dangkal (VTB), 2.128 kali gempa Fase Banyak (MP), 3 kali gempa Low Frekuensi (LF), 289 kali gempa Guguran (RF), 330 kali gempa Hembusan (DG), dan 11 kali gempa Tektonik (TT). 

Sementara, deformasi atau pemekaran tubuh Gunung Merapi yang dipantau dengan menggunakan electronic distance measurement (EDM) pada minggu ini menunjukkan adanya laju pemendekan jarak sebesar 11 cm/hari. 

Hanik melanjutkan, pada minggu ini terjadi hujan di Pos Pengamatan Gunung Merapi dengan intensitas curah hujan tertinggi sebesar 65 mm/jam selama 60 menit di Pos Kaliurang pada 3 Desember 2020.

Namun demikian, tidak dilaporkan terjadi lahar maupun penambahan aliran di sungai-sungai yang berhulu di Gunung Merapi.

Secara visual, cuaca di sekitar Gunung Merapi umumnya cerah pada pagi hari, sedangkan siang hingga malam hari berkabut.

Asap berwarna putih, ketebalan tipis hingga tebal dengan tekanan lemah hingga sedang.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved