Breaking News:

Unissula Semarang

Enam Tantangan Global dan Sepuluh Solusinya

Forum Doktor Unissula mengadakan refleksi akhir tahun dengan menghadirkan KH Abdul Qoyyum Mansur (29/12/2020).

Editor: abduh imanulhaq
IST
KH Abdul Qoyyum Mansyur (kiri) menjadi narasumber dalam refleksi akhir tahun yang dihelat oleh Forum Doktor Unissula, Selasa (29/12/2020). 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Forum Doktor Unissula mengadakan refleksi akhir tahun dengan menghadirkan KH Abdul Qoyyum Mansur, Selasa (29/12/2020).

Menurutnya, Indonesia yang mayoritas Islam dengan dua ormas terbesarnya Muhamadiyyah dan NU semestinya mampu berperan besar menghadapi tantangan global.

Dalam Al Qur’an kata bumi disebut 461 kali.

Dari 461 ayat yang bicara tentang bumi ayat yang pertama tentang bumi mengandung pesan agar manusia tidak berlaku destruktif.

Itu terdapat pada surat Al Baqarah ayat 11, “Dan bila dikatakan kepada mereka: janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi, mereka menjawab: "Sesungguhnya kami orang-orang yang mengadakan perbaikan."

Lebih kecil lagi yaitu laut, bahr, bahran, bahraini, bihar, disebut dalam al Qur’an 41 kali. Daratan dalam Al Quran disebut 12. Berkenaan alam raya, Al Qur’an menginformasikan tentang kerusakan global.

Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebahagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar) (Ar Rum: 41).

Lebih kecil dari darat adalah qaryah (kampung).

Berbicara tentang qoryah, Al Qur’an menyingung soal, tantangan sosial, “Mengapa kamu tidak mau berperang di jalan Allah dan (membela) orang-orang yang lemah baik laki-laki, wanita-wanita maupun anak-anak yang semuanya berdoa: "Ya Tuhan kami, keluarkanlah kami dari negeri ini (Mekah) yang lalim penduduknya dan berilah kami pelindung dari sisi Engkau, dan berilah kami penolong dari sisi Engkau!" (An Nisa 75).

Disini bisa disimpulkan, tantangan global adalah kerusakan yang dilakukan manusia adapun tantangan global di kampung adalah terjadinya kedzaliman. Berkenaan dengan tantangan umat Islam di abad 21, Yusuf Qaradhawi menyebut ada enam tantangan. Pertama, tantangan identitas. Tantangan Identitas sebagai muslim ke siapa loyalitas? Kadang kadang loyalitas tidak benar karena terjadi kedzaliman.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved