Breaking News:

Berita Tegal

28.000 Lembar Sertifikat Tanah Tuntas Dibagikan di Kabupaten Tegal, Bupati Umi: Melampaui Target

Kantor Pertanahan ATR/BPN Kabupaten Tegal telah melampaui target realisasi pencapaian pensertifikatan tanah selama tahun 2020. 

Tribun Jateng/ Desta Leila Kartika
Bupati Tegal Umi Azizah, saat menghadiri Acara Penyerahan Sertifikat Secara Virtual dengan Presiden Republik Indonesia, di Pendopo Amangkurat, Selasa (5/1/2021) siang.  

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI - Bupati Tegal Umi Azizah, mengapresiasi kinerja jajaran Kantor Pertanahan ATR/BPN Kabupaten Tegal yang telah melampaui target realisasi pencapaian pensertifikatan tanah selama tahun 2020. 

Hal ini ia sampaikan saat Acara Penyerahan Sertifikat Secara Virtual dengan Presiden Republik Indonesia, di Pendopo Amangkurat, Selasa (5/1/2021) siang. 

Dari target Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) sebanyak 25.000 bidang, Kantor Pertanahan ATR/BPN Kabupaten Tegal mampu mensertifikat 28.000 bidang tanah. 

"Tentunya ini adalah capaian prestasi yang membanggakan, khususnya bagi jajaran Kantor Pertanahan ATR/BPN Kabupaten Tegal. Karena telah melebihi target realisasi hingga 12 persen," tutur Umi, pada Tribunjateng.com, Selasa (5/1/2021). 

Umi menyampaikan, penyerahan sertifikat tanah ini merupakan penutup akumulasi capaian Kantor Pertanahan ATR/BPN Kabupaten Tegal selama tahun 2020. 

Adapun sertifikat yang diserahkan sebanyak 7.413 lembar, setelah sebelumnya perdana di bulan November 2020 lalu sudah diserahkan 2.457 lembar sertifikat bidang tanah.

"Hari ini kembali diserahkan secara simbolis 20 lembar sertifikat hak atas tanah milik warga Desa Rembul Kecamatan Bojong, sebagai representasi dari 7.413 penerima sertifikat tanah milik warga peserta PTSL 2020," jelasnya. 

Di akhir sambutannya, Umi mengatakan bahwa program strategis nasional ini bukan saja tanggung jawab lingkup Kementerian Agraria Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional saja, melainkan semua pihak. 

Mulai dari pemerintah daerah hingga pemerintah desa, termasuk aparat penegak hukum guna mengamankan program ini dari berbagai tindak penyelewengan termasuk pungli.

Selain Kabupaten Tegal, penyerahan sertifikat tanah ini juga dilakukan di 26 provinsi dan 273 kota maupun kabupaten di Indonesia. 

Lewat sambutan virtualnya, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo juga mengapresiasi kinerja Kementerian ATR/BPN, karena telah berusaha keras, bekerja siang dan malam demi menuntaskan program PTSL.

"Terima kasih kepada jajaran Kementerian ATR/BPN yang telah berupaya semaksimal mungkin untuk menuntaskan PTSL tahun 2020. Program sertifikat tanah merupakan komitmen pemerintah untuk mempercepat hak kepemilikan tanah masyarakat," jelas Jokowi. 

Mengakhiri sambutannya, Jokowi mengingatkan masyarakat yang sudah menerima sertifikat untuk menyimpan dengan baik bila perlu difotocopy.  

Supaya jika terjadi suatu hal yang tidak diinginkan sertifikat tersebut masih aman. 

"Pesan saya sertifikat yang sudah diterima disimpan baik-baik, bila perlu difotocopy dan yang asli masukan dalam tas atau apa setelah itu simpan di lemari. Kalau yang asli hilang karena ada salinannya jadi masih bisa diurus dengan cepat," imbaunya. (dta) 

Penulis: Desta Leila Kartika
Editor: Daniel Ari Purnomo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved