Breaking News:

Berita Batang

Mengurus Dokumen Kependudukan di Batang Sudah Digital, Modelnya Video Call Petugas Disdukcapil

Selain pelayanan online, Disdukcapil Batang berinovasi dengan memanfaatkan teknologi yakni pelayanan Customer (Cs) Digital. 

Tribun Jateng/ Dina Indriani
Warga Cepokokuning Batang sedang memanfaatkan Cs Digital di kantor Disdukcapil, Selasa (5/1/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, BATANG - Adanya pandemi Covid-19 tidak menurunkan pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Batang kepada masyarakat.

Selain pelayanan online, Disdukcapil Batang berinovasi dengan memanfaatkan teknologi yakni pelayanan Customer (Cs) Digital. 

Cs Digital adalah pelayanan yang dilakukan di kantor Disdukcapil dengan media tatap muka secara online langsung pada petugas.

"Cs Digital ini untuk membantu masyarakat dalam mengurus dokumen kependudukan yaitu berkonsultasi langsung dengan petugas, kami  sediakan monitor seperangkatnya jadi sistemnya seperti video call, pemohon juga harus bergantian ada petugas yang mengatur," tutur Kepala Disdukcapil Batang, M. Abdul Rahman, Selasa (5/1/2021).

Dia mengatakan inovasi tersebut merupakan solusi pelayanan yang cukup efisien di masa pandemi ini dan inovasi ini baru satu-satunya di Jawa Tengah. 

"Dari awal pandemi pelayanan kami tidak pernah tutup ataupun turun, protokol kesehatan diterapkan juga karena harus ada jaga jarak muncul lah ide Cs Digital, pemohon tetap bisa mengobrol langsung dengan petugas kami melalui monitor," jelasnya. 

Cs Digital pun disambut baik oleh para pemohon yang hendak mengurus dokumen kependudukan. 

Satu diantaranya warga Cepokokuning, Novia Rochma yang telah memanfaatkan pelayanan tersebut. 

"Sangat terbantu ya,  karena kalau sistem online terkadang bingung berkas yang akan diupload,  kalau ini kan langsung bisa tanya-tanya ke petugas," pungkasnya. (din) 

Penulis: dina indriani
Editor: Daniel Ari Purnomo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved