Breaking News:

Berita Tegal

Masyarakat Ajukan Pantai Kampung Tirang Jadi Wisata Baru di Kota Tegal 

Masyarakat di Kelurahan Tegalsari yang tergabung di Kelompok Tirang Jaya, ajukan destinasi wisata baru.

TRIBUNJATENG.COM,TEGAL- Masyarakat di Kelurahan Tegalsari yang tergabung di Kelompok Tirang Jaya, sedang mengajukan destinasi wisata baru kepada Pemerintah Kota Tegal

Destinasi wisata yang diajukan bernama Pantai Kampung Tirang Tegalsari. 

Nama Kampung Tirang sendiri tidak asing karena pernah diangkat dalam Film Turah karya Wicaksono Wisnu Legowo. Lokasinya berada di Kelurahan Tegalsari, Kecamatan Tegal Barat, Kota Tegal

Meski masih dalam pengajuan, beberapa fasilitas sudah didirikan oleh Kelompok Tirang Jaya. Seperti ikon bertuliskan Pantai Kampung Tirang Tegalsari, payung gantung hias, musala, dan spot foto bertuliskan I Love You. Beberapa warung pun sudah tesedia di lokasi. 

Ketua Kelompok Tirang Jaya, Posim Fauzy (50) mengatakan, Pantai Kampung Tirang belum menjadi destinasi wisata.  Saat ini pihaknya masih mengajukan izin ke Pemerintah Kota Tegal.  Meski demikian, masyarakat sudah bisa mengunjungi Pantai Kampung Tirang. 

"Karena belum menjadi destinasi wisata jadi belum ada tiket masuk. Pintu masuknya di Taman Tegalsari, dari situ naik perahu penyeberangan," kata Posim kepada tribunjateng.com, Jumat (8/1/2021). 

Posim menjelaskan, pengajuan destinasi wisata baru tersebut tujuannya untuk mendorong perekonomian masyarakat di wilayah Tegalsari. 

Ia menilai, hanya Tegalsari yang belum memiliki destinasi wisata pantai. 

Sementara wilayah pesisir lainnya, sepertinya Kelurahan Panggung, Mintaragen, dan Muarareja, sudah ada. 

Ia berharap, pemerintah kota memberikan izin pemanfaatan lahan untuk menjadi destinasi wisata. 

"Kita ingin memberdayakan masyarakat supaya bisa tertopang ekonominya. Misalnya mendirikan warung di wisata. Maka dari itu, harapannya pemerintah bisa ikut mendorong bersama-sama," ungkapnya. (*)

TONTON JUGA DAN SUBSCRIBE :

Penulis: Fajar Bahruddin Achmad
Editor: sujarwo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved