Breaking News:

Berita Purbalingga

Pemkab Purbalingga Ajak Kemenperin Dukung Revitalisasi IKM Gula Kelapa, Batik hingga Logam

Pemerintah Kabupaten Purbalingga mengajak Kementerian Perindustrian RI (Kemenperin RI) mendukung 4 program Revitalisasi Industri Kecil dan Menengah (I

Penulis: Permata Putra Sejati | Editor: muh radlis
IST
Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi saat melakukan kunjungan kerja ke Ditjen IKMA Kemenperin RI, pada Rabu (20/1/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, PURBALINGGA -  Pemerintah Kabupaten Purbalingga mengajak Kementerian Perindustrian RI (Kemenperin RI) mendukung 4 program Revitalisasi Industri Kecil dan Menengah (IKM).

Empat program tersebut diantaranya program revitalisasi sentra IKM gula kelapa, pengolahan nanas, batik dan program penguatan UPT logam.

Menurut Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi dukungan 4 sektor IKM tersebut sangat diperlukan.

"Untuk IKM Gula Kelapa misalnya tingkat produksi masih rendah yakni 5 - 50 ton perbulan," ujar Tiwi saat melakukan kunjungan kerja ke Ditjen IKMA Kemenperin RI, pada Rabu (20/1/2021). 

Program revitalisasi IKM Gula Kelapa yang bisa dilakukan terdiri dari 2 kegiatan.

Pertama, penguatan Kelompok Usaha Bersama (KUB) dengan cara bantuan peralatan, pendampingan sertifikasi dan fasilitasi pemasaran ekspor. 

Kedua, revitalisasi dengan pembangunan gedung produksi yang sesuai standar, fasilitas peralatan, pendampingan dan sertifikasi GMP and HACCP, serta sistem manajemen berbasis IT.

Sektor IKM Nanas di Purbalingga juga memiliki beberapa permasalahan, diantaranya belum memiliki alat atau teknologi pengalengan dan pengalengan dilakukan diluar Purbalingga. 

Hal itu semakin memperbesar biaya produksi yang berdampak kepada harga jual yang tinggi sehingga harga jual kurang bersaing di pasar ekspor. 

"Program yang dapat dilakukan untuk revitalisasi IKM Nanas diantaranya, fasilitasi mesin dan peralatan proses pengalengan nanas.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved