Breaking News:

Erupsi Gunung Merapi

Dampak Erupsi Gunung Merapi, Bandara YIA Update Data BMKG dan AirNav Tiap 30 Menit

PT Angkasa Pura I terus melakukan pemantauan dampak erupsi Gunung Merapi terhadap penerbangan di Yogyakarta Internasional Airport (YIA), Temon, Kabupa

Editor: m nur huda
TRIBUNJOGJA.COM / Singgih Wahyu
Sejumlah kendaraan tampak melintas di depan area pintu masuk kawasan Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) di Temon, Kulon Progo, Selasa (3/12/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, KULON PROGO - PT Angkasa Pura I terus melakukan pemantauan dampak erupsi Gunung Merapi terhadap penerbangan di Yogyakarta Internasional Airport (YIA), Temon, Kabupaten Kulon Progo. 

Hal ini dilakukan menyusul meningkatnya aktivitas erupsi Gunung Merapi.  

PTS General Manager YIA, Taochid Purnomo Hadi mengatakan pemantauan nantinya bakal dilakukan dengan menggunakan paper test. 

Apabila setelah dilakukan paper test hasilnya nihil maka operasional tetap berjalan normal. 

Lebih lanjut, kata Taochid meskipun hingga saat ini Gunung Merapi terjadi erupsi, operasional di YIA juga masih terpantau cukup aman. 

Sebab, erupsi dari Gunung Merapi itu mengarah ke Barat Laut. 

AWAN PANAS - Rentetan guguran lava dan luncuran awan panas Gunung Merapi terjadi sepanjang Rabu (27/1/2021) sejak dini hari hingga sekitar pukul 08.30 saat foto-foto ini dibuat. Arah angin dari barat menyebabkan abu dari awan panas tertiup ke timur. Sebaran abu dilaporkan sampai di Deles, Klaten, Jateng. Rekaman peristiwa erupsi Merapi diabadikan Rabu pagi dari persawahan Dusun Trini, Trihanggo, Gamping, Sleman, berjarak sekitar 32 kilometer dari gunung berapi itu.
AWAN PANAS - Rentetan guguran lava dan luncuran awan panas Gunung Merapi terjadi sepanjang Rabu (27/1/2021) sejak dini hari hingga sekitar pukul 08.30 saat foto-foto ini dibuat. Arah angin dari barat menyebabkan abu dari awan panas tertiup ke timur. Sebaran abu dilaporkan sampai di Deles, Klaten, Jateng. Rekaman peristiwa erupsi Merapi diabadikan Rabu pagi dari persawahan Dusun Trini, Trihanggo, Gamping, Sleman, berjarak sekitar 32 kilometer dari gunung berapi itu. (TRIBUNJOGJA/ Setya Krisna Sumargo)

Dikatakan Taochid, penerbangan di YIA bakal terganggu apabila angin berhembus ke arah Barat Daya dan membawa abu vulkanik Gunung tersebut. 

"Namun, kami juga terus memonitor apabila kemungkinan terjadi perubahan arah angin agar tidak mengganggu terhadap penerbangan di YIA," ucapnya, Kamis (28/1/2021). 

Dengan demikian, pihaknya terus melakukan koordinasi dengan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dan AirNav apabila terjadi perubahan arah angin. 

"Kami sampai saat ini juga tetap melakukan koordinasi dengan mereka setiap 30 menit sekali dalam memantau perkembangan yang diakibatkan dari gunung tersebut," katanya. (Scp)

Artikel ini telah tayang di Tribunjogja.com dengan judul ERUPSI Gunung Merapi: Pengelola Yogyakarta International Airport (YIA) Bakal Lakukan Paper Test

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved