Breaking News:

Jateng di Rumah Saja

Objek Wisata di Karanganyar Tetap Buka, Pengunjung Dibatasi

Objek wisata di Kabupaten Karanganyar tetap beroperasi saat gerakan Jateng di rumah saja selama dua hari pada 6-7 Februari 2021

TribunJateng.com/Agus Iswadi
Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo saat mengunjungi Rumah Atsiri Tawangmangu pada awal 2020 lalu sebelum pandemi virus Covid-19. 

TRIBUNJATENG.COM, KARANGANYAR - Objek wisata di Kabupaten Karanganyar tetap beroperasi saat gerakan Jateng di rumah saja selama dua hari pada 6-7 Februari 2021.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Karanganyar, Titis Sri Jawoto menyampaikan, aturan yang dipakai mengacu pada PPKM tahap kedua.

Objek wisata diperbolehkan beroperasi hingga pukul 15.00, pengunjung dibatasi kapasitas 30 persen dari kapasitas normal dan tetap menerapkan protokol kesehatan.

"Yang dipedomani PPKM kedua. Operasional masih sama (buka sampai pukul 15.00). Tapi ya perkembangan terkahir ada beberapa yang menyatakan tutup seperti Rumah Atsiri," katanya saat dihubungi Tribunjateng.com, Jumat (5/2/2021).

Berdasarkan infromasi yang diterima Titis, selain Rumah Atsiri, Lawu Park II, Bukit Sekipan juga tutup. Sedangkan resto masih tetap beroperasi seperti semula sesuai aturan operasional selama PPKM tahap kedua.

Dia menurutkan, sudah menyosialisasikan kepada pengelola usaha wisata melalui grup aplikasi pesan terkait aturan yang berlaku mereka selama berlangsungnya gerakan Jateng di rumah saja.

"Kalau saya dengan temen-teman (pengelola usaha wisata) kan sudah ada grup, jadi penegasannya (aturan) lewat grup aplikasi pesan grup," terangnya.

Terpisah, Marketing Rumah Atsiri Tawangmangu, Paramita Sari Indah Widarini mengungkapkan, kunjungan ke Rumah Atsiri ditutup sementara pada 6 dan 7 Februari 2021. Kendati demikian, pengelola tetap melayani pemesanan produk secara online. Seperti pemesanan essential oil, aromatic, bibit tanman dan lainnya.

"Untuk 6-7 Februari 2021 tutup sesuai instruksi pemerintah. Karena memang sepertinya sudah ada surat edaran juga dari pemerintah. Kemarin, disebutkan Pak Ganjar, objek memang diharapkan untuk tutup sementara," ucapnya.

Meskipun Pemkab Karanganyar menerapkan aturan PPKM tahap kedua terkait operasional objek wisata, lanjutnya, operasional tetap tutup sementara sesuai keputusan dari manajemen. Operasional Rumah Atsiri akan dibuka kembali pada Senin (8/2/2021).

"Kemarin dari manajemen keputusan seperti ini (tutup sementara). Untuk buka kembali atau tidak saya tidak tahu. Yang jelas dibuka kembali pada Senin (8/2/2021)," jelasnya.

Dia menjelaskan, ada beberapa pengunjung yang terpaksa menunda dan membatalkan kunjungan selama penutupan operasional tersebut.

"Ada yang diajukan hari ini. Ada juga yang cancel dan mundur. Ada yang awalnya tujuan ke Tawangmangu, kemudian berlaih ke Magetan," pungkasnya. (Ais)

Penulis: Agus Iswadi
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved