Breaking News:

KKN Undip

Mahasiswa Undip Dampingi Warga Bikin Hand Sanitizer Berbahan Pelepah Pisang

Program KKN Mandiri yang dilakukan oleh Muhammad Anif Shofa (21) meliputi “Edukasi Pembuatan dan Penggunaan Hand Sanitizer dari bahan pelepah pisang

IST
Mahasiswa KKN Undip damping warga membuat pelepah pisang menjadi Hand Sanitizer di Kelurahan Tembalang, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG – Program KKN Mandiri yang dilakukan oleh Muhammad Anif Shofa (21) meliputi edukasi pembuatan dan penggunaan hand sanitizer dari bahan pelepah pisang dan edukasi pembuatan dan pengaplikasian disinfektan alami.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di RT 5 RW 7 Kelurahan Tembalang, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang.

Kedua program ini dilaksanakan pada Bulan Januari- Februari 2021 di dalam periode KKN Tim I.

Program pertama dilatarbelakangi oleh Kelurahan Tembalang merupakan kelurahan yang memiliki pohon pisang cukup banyak terutama daerah banyu putih RT.05 RW 07.

Tetapi masih banyak dari warga yang membuang begitu saja pelepah pohon pisang.

Sehingga diperlukan suatu upaya pelatihan terhadap warga untuk bisa memanfaatkan pelepah pohon pisang agar lebih bermanfaat yaitu dengan menjadikan sebagai Hand Sanitizer. Serta kelurahan yang masih memiliki angka positif covid-19 yang masih tinggi.

Tetapi masih banyak dari warga yang kurang perhatian akan pentingnya pencegahan covid-19 tersebut. Sehingga diperlukan suatu upaya pencegahan virus corona yang salah satunya adalah dengan menggunakan disinfektan dari bahan alami berupa minyak esensial dan cuka sehingga aman untuk kesehatan.

Disinfektan yang beredar di pasaran memiliki kandungan bahan kimia seperti alkohol, klorin dan hidrogen peroksida yang berbahaya bagi masyarakat yang tentunya akan mengganggu kesehatan dan sangat berbahaya bila sampai terinfeksi kulit apalagi terhirup oleh pernafapasan.

Sebelum pelaksanaan, dilakukan berbagai persiapan demi kelancaran kedua program tersebut.

Persiapan tersebut meliputi pembuatan hand sanitizer pelepah pohon pisang dan pembuatan disinfektan alami.

Halaman
12
Editor: abduh imanulhaq
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved