Breaking News:

KKN Undip

Limbah Membawa Berkah, Mahasiswa Peternakan Undip Ubah Kotoran Ayam Jadi Pakan Sapi

Akhmad Wildan Bakhtiar atau yang akrab dipanggil Somad Mahasiswa S1-Peternakan Undip menyambut KKN TIM 1 2021 di kampung halaman sendiri dengan senang

IST
Mahasiswa KKN Undip Akhmad Wildan Bakhtiar atau Somad saat di kandang ayam Desa Jatilor, Kec. Godong, Kab. Grobogan. 

TRIBUNJATENG.COM, GROBOGAN - Mahasiswa Universitas Diponegoro melaksanakan KKN (Kuliah Kerja Nyata) pada masa pandemi ini di kampung halaman masing-masing.

Pelaksanaan KKN di kampung halaman masing-masing bertujuan untuk mencegah penularan Covid-19 serta mengabdikan diri pada kampung halaman.

Akhmad Wildan Bakhtiar atau yang akrab dipanggil Somad Mahasiswa S1-Peternakan Undip menyambut KKN TIM 1 2021 di kampung halaman sendiri dengan antusias dan senang hati.

Somad merasa bahwa penyelenggaraan kegiatan KKN di masa pandemi ini sangat penting.

Somad bekerjasama dengan masyarakat Desa Jatilor untuk mewujudkan SDGs (Suistanable Development Goals) pada saat masa pandemi ini.

Tema kegiatan yang diusung yaitu “ Pemanfaatan Limbah Sebagai Pakan Alternatif untuk Ternak dan Kerajinan Pada Saat Pandemi Covid-19” yang termasuk SDGs nomor 15 Life on Land (ekosistem darat).

Kotoran ayam memiliki kandungan protein yang sangat tinggi sehingga apabila tidak dimanfaatkan dengan baik akan terbuang sia-sia.

“Kotoran ayam dapat dimanfaatkan menjadi pakan ternak ruminansia apabila telah melewati proses fermentasi selama dua minggu dan menyebabkan pertumbuhan ternak semakin baik,” ungkapnya, Selasa (16/2/2021).

Berikut cara pembuatan pakan alternatif dari kotoran ayam;

Pertama menyiapkan kotoran ayam yang sudah diambil dari peternakan dan dilakukan pemisahan antara kotoran ayam dengan sekam.

Halaman
12
Editor: abduh imanulhaq
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved