Breaking News:

Pendidikan

Jaga Kebersihan Lingkungan, SMPN 3 Mranggen Bertekad Raih Lagi Adiwiyata Nasional

SMP Negeri 3 Mranggen, Kabupaten Demak, bertekad kembali meraih penghargaan sebagai sekolah adiwiyata nasional pada 2021

Istimewa
Guru dan karyawan SMPN 3 Mranggen melakukan bersih-bersih dan pembenahan taman sekolah, kemarin. 

Penulis M Zaenal Arifin

TRIBUNJATENG.COM, DEMAK - SMP Negeri 3 Mranggen, Kabupaten Demak, bertekad kembali meraih penghargaan sebagai sekolah adiwiyata nasional pada 2021 ini. Untuk itu, SMP Negeri 3 Mranggen menggaungkan gerakan peduli sampah.

Kepala SMP Negeri 3 Mranggen, Sri Tutik Cahyaningsih mengatakan, berbagai program sudah dilaksanakan dengan baik dan puncaknya bertepatan dengan peringatan Hari Peduli Sampah Nasional dengan menggelar gerakan peduli sampah.

"Dengan berbagai program yang sudah kami laksanakan, kami optimistis bisa mencapai predikat sekolah adiwiyata nasional sebagaimana pada tahun 2014 lalu," katanya, dalam keterangannya, Minggu (21/2).

Gerakan peduli sampah dilakukan oleh para guru dan karyawan SMP Negeri 3 Mranggen beberapa waktu lalu. Tutik menyampaikan, untuk mencapai sekolah adiwiyata mandiri tidaklah mudah. Namun seiring dengan antusiasnya para guru dan karyawan, usaha yang dilakukan sedikit demi sedikit mengalami progres yang luar biasa.
Bahkan, peran siswa juga dilibatkan dalam program tersebut yaitu membantu menyumbangkan berbagai jenis tanaman, di antaranya bunga dan tanaman lainnya.

"Termasuk pihak lain yaitu Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Demak yang menyumbangkan mesin penghancur sampah, alat biopori, penggorengan sampah plastik dan juga cetakan paving plastik," ucapnya.

Ketua program sekolah adiwiyata mandiri, Ali Mahtum, selalu mengkampanyekan budaya hidup sehat dan bersih dengan mengedepankan peduli lingkungan.

Hasil dari upaya ini salah satunya adalah laboratorium alam yang sudah rimbun dengan tanaman produktif sehingga beberapa kali sudah dilakukan panen dan bisa dinikmati bersama-sama. Seperti, pohon nangka, pohon pisang, pohon jambu dan juga singkong dan sayuran.

"Semboyan lingkungan kami gaungkan untuk terus dilakukan di antaranya reuse, reduce, recycle. Kami berharap upaya ini membawa manfaat," harapnya. (nal)

Penulis: m zaenal arifin
Editor: moh anhar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved