Breaking News:

Berita Banyumas

Pemberlakuan Tilang Elektronik, Satlantas Polresta Banyumas Siapkan 4 Kamera CCTV di 4 Persimpangan

Tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) dikabarkan akan diberlakukan secara nasional mulai Maret 2021

TribunJateng.com/Permata Putra Sejati
Kasatlantas Polresta Banyumas, Kompol Ryke Rhimadila 

TRIBUNJATENG.COM, PURWOKERTO - Tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) dikabarkan akan diberlakukan secara nasional mulai Maret 2021.

Menanggapi rencana tersebut, Kantor Satlantas Polresta Banyumas menyiapkan sebanyak empat kamera CCTV yang dipasang untuk memonitor arus lalu lintas. 

Keempat kamera CCTV tersebut rencananya akan dipasang di empat persimpangan di perkotaan Purwokerto. 

"Ada empat titik pemberlakuan ETLE dengan memasang sejumlah kamera CCTV, yaitu di Simpang Sawangan, Aston, Karangkobar, dan Omnia. 

Pertimbangannya adalah karena keempat simpang itu paling ramai di Purwokerto," ujar Kasatlantas Polresta Banyumas, Kompol Ryke Rhimadila kepada Tribunbanyumas.com, Rabu (24/2/2021). 

Pemberlakuan tilang elektronik ditujukan untuk menegakkan aturan dalam berlalu lintas.

Ia menerangkan jika di Purwokerto sendiri ada kurang lebih 26 titik lokasi pemasangan CCTV yang telah dilakukan oleh Dinas Perhubungan. 

"Itu nanti bisa dimanfaatkan, ETLE itu bukan hanya dari pantauan CCTV, tetapi melalui rekaman atau foto dari netizen kalau memang terlihat ada pelanggaran bisa dilaporkan. 

Yang penting nampak fotonya atau videonya itu melihatkan ada pelanggaran," katanya. 

Kasatlantas mengatakan bahwa pemberlakuan ETLE di Banyumas masih menunggu perintah sembari melakukan penindakan secara langsung seperti biasanya. 

Karena akan segera diberlakukannya ETLE maka, Kasatlantas mengimbau kepada masyarakat agar segera mengganti nama kepemilikan kendaraan dengan nama asli si pemilik. 

Karena jika nantinya ada pelanggaran lalu lintas, pihak kepolisian akan menghubungi si pemilik kendaraan sesuai dengan data-data yang terinput dalam sistem ETLE tersebut. (Tribunbanyumas/jti) 

Penulis: Permata Putra Sejati
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved