Breaking News:

Berita Semarang

Gus Yaqut Ingatkan Kader LBH Ansor Fokus Dampingi Masyarakat Lemah

Ketua Umum PP GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas, berpesan pada kader LBH Ansor di seluruh daerah tetap fokus melakukan advokasi masyarakat yang lemah.

Istimewa
Ketua Umum Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor Yaqut Cholil Qoumas, saat memberikan pengarahan dalam Rakernas LBH Ansor 2021 di Hotel Quest Semarang, Sabtu (27/2/2021) malam. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Ketua Umum Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor Yaqut Cholil Qoumas, berpesan pada kader Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Ansor di seluruh daerah untuk tetap fokus melakukan advokasi pada masyarakat yang lemah.

Sebab menurutnya, hal itu merupakan tujuan awal dari dibentuknya LBH Ansor.

“Harapan besar pada sahabat-sahabat, tugas LBH Ansor adalah mendampingi orang yang lemah atau mustadh'afin, jangan pernah berpikir pamrih,” ungkapnya saat memberi pengarahan dalam Rakernas LBH Ansor 2021 di Hotel Quest Semarang, Sabtu (27/2/2021) malam.

Gus Yaqut menegaskan, para kader LBH Ansor jangan terjebak pada persoalan melaporkan perkara semata. Hal ini agar keberadaan LBH Ansor benar-benar efektif tidak sekadar pada kuantitas.

“Kalau hanya sibuk urusan lapor melaporkan maka kita akan disibukan dengan pekerjaan itu,” tegasnya.

Gus Yaqut yag juga menjabat Menteri Agama RI, juga berpesan pada seluruh kader LBH Ansor di Indonesia untuk terus konsisten menekuni keahliannya. Sebab jika segala hal ditekuni maka pasti akan membuahkan hasil.

“Terus konsisten di garis perjuangan ini, Insyallah akan ada hasil,” tuturnya.

Ketua Umum Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor Yaqut Cholil Qoumas, foto bersama 70 LBH Ansor se Indonesia dalam Rakernas LBH Ansor 2021 di Hotel Quest Semarang, Sabtu (27/2/2021) malam.
Ketua Umum Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor Yaqut Cholil Qoumas, foto bersama 70 LBH Ansor se Indonesia dalam Rakernas LBH Ansor 2021 di Hotel Quest Semarang, Sabtu (27/2/2021) malam. (Istimewa)

Ketua LBH Ansor Pusat, Habib Abdul Qodir mengingatkan pada para kader advokat Ansor yang ada di 70 LBH Ansor se Indonesia, untuk tetap tegak lurus menegakan keadilan, tanpa melihat latarbelakang.

Adapun, pada Rakernas LBH Ansor 2021 ini, dibahas mengenai standar layanan mutu LBH Ansor, perkembangan hukum kontemporer, serta terjadinya perpecahan dalam organisasi-organisasi advokat di Indonesia.

Maka dalam rakernas ini sekaligus juga menggelar deklarasi forum advokat NU dengan membentuk Persahabatan Advokat Santri.

“Kami bukan bermaksud memperkeruh suasana, tapi ingin menegaskan bahwa sahabat-sahabat advokat NU tidak mau terseret dalam konflik perpecahan organisasi advokat,” katanya.

Meskipun para advokat NU juga berlatarbelakang berbagai macam organisasi advokat, lanjutnya, buktinya semua dapat bekerjasama dengan baik, salahsatunya dalam wadah LBH Ansor.

Habib Qodir menjelaskan, bahwa komitmen Persahabatan Advokat Santri ini adalah meneladani karakter-karakter luhur pendahulu, yaitu tasamuh (toleran), tawazun (berimbang), tawassuth (moderat), serta i’tidal (tegak lurus).

“Persahabatan Advokat Santri secara tegas menolak untuk terlibat atau dilibatkan ke dalam konflik dan perpecahan Organisasi Advokat,” tandas Habib Qodir.(*)

Penulis: m nur huda
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved