Breaking News:

Berita Temanggung

Cerita Petani Asparagus Temanggung Panen Tiap Hari hingga Target Ekspor Manca Negara

Tanaman Asparagus perlahan mulai menjadi primadona petani Temanggung. Selain produksinya yang menjanjikan dengan harga jual yang cukup tinggi, Asparag

Penulis: Saiful Ma'sum | Editor: m nur huda
TRIBUNJATENG/SAIFUL MA'SUM
Petani Temanggung sedangan memanen Aspargus di Desa Canggal Kecamatan Candiroto, Kabupaten Temanggung, Minggu (28/2/2021). 

Penulis: Saiful Ma'sum

TRIBUNJATENG.COM, TEMANGGUNG - Tanaman Asparagus perlahan mulai menjadi primadona petani Temanggung. Selain produksinya yang menjanjikan dengan harga jual yang cukup tinggi, Asparagus bisa bertahan hidup di wilayah dingin hingga 10 tahun.

Beberapa petani sayuran di Temanggung termasuk petani tembakau kini mulai beralih pada tanaman Asparagus. Sebagian dari mereka sudah merasakan hasil panen Asparagus dengan harga yang cukup menjanjikan di kantong.

Dalam sebuah kesempatan, tribunjateng.com mengulik kesan-kesan para petani Temanggung yang  bertransformasi dengan menanam Asparagus.

Dina Listiana, petani di Desa Canggal Kecamatan Candiroto menuturkan, menjadi satu di antara petani muda, ia mulai memberanikan diri untuk menanam Asparagus pada pertengahan 2020 lalu.

Dari awalnya 5.000 pohon, kini Dina sudah memiliki 9.000 pohon Asaparagus di lahan milik pribadi.

Separo jumlah pohon di antaranya sudah menghasilkan produksi hingga 5-7 kilogram Asparagus setiap harinya.

Praktis Dina sudah bisa panen Asparagus setiap hari dengan catatan tetap memberikan nutrisi dan merawat tanaman dengan maksimal.

"Unggulnya tanaman ini dari segi panen. Bisa panen setiap hari sampai beberapa tahun. Dari 9.000 tanaman yang saya tanam, baru 5.000 pohon yang produksi 5-7 kilogram perharinya," terangnya di Temanggung, Minggu (28/2/2021).

Menurut Dina, dalam merawat tanaman Asparagus tidak membutuhkan perawatan yang ribet. Bahkan tidak ada perawatan khusus yang dilakukannya agar tanaman bisa tumbuh maksimal.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved