Breaking News:

Berita Blora

Bupati Blora Arief Rohman Ingatkan Kepala Dinas dalam Menyusun Rencana Pembangunan

Bupati Blora Arief Rohman ingatkan kepala organisasi perangkat daerah agar tetapkan target secara tepat.

Istimewa
Konsultasi publik rancangan awal RPJMD Kabupaten Blora di Pendopo Rumah Dinas Bupati Blora, Kamis (4/3/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, BLORA - Bupati Blora Arief Rohman ingatkan kepala organisasi perangkat daerah agar menetapkan target secara tepat dalam menyusun perencanaan pembangunan. Hal itu disampaikannya saat membuka konsultasi publik rancangan awal Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2021-2026 di Pendopo Rumah Dinas Bupati Blora, Kamis (4/3/2021).

"Semua harus terukur dan terstruktur secara jelas. Antisipasi segala hambatan yang berpotensi muncul dan harus siap untuk menghadapinya. Dan yang terakhir senantiasa bersinergi dalam upaya mencapai target-target pembangunan RPJMD,” ujar Arief Rohman.

Arief Rohman mengatakan, bahwa visi pembangunan Kabupaten Blora yaitu Sesarengan mBangun mBlora: Unggul dan Berdaya Saing yang mengandung makna bahwa pembangunan dilaksanakan secara bersama-sama, bahu membahu, dengan mengoptimalkan seluruh potensi dan kapasitas yang dimiliki dengan dukungan seluruh masyarakat dan stakeholder, sehingga kondisi Kabupaten Blora lebih unggul dibandingkan dengan daerah lain, dengan memanfaatkan segala potensi lokal.

"Dan berdaya saing yaitu kemampuan dan kekuatan untuk bersaing dengan daerah lain dengan memanfaatkan keunggulan komparatif dan kompetitif," ujarnya.

Selanjutnya, katanya, pihaknya akan membuat terobosan sumber-sumber pembiayaan lain dalam melunasi target pembangunan. Misalnya baik dari pusat, provinsi, kerja sama dengan BUMN, serta sektor swasta dalam mengatasi permasalahan-permasalahan di Kabupaten Blora secara bersama-sama.

Pihaknya berharap kepada pemerintah provinsi maupun pusat beserta seluruh pemangku kepentingan, untuk senantiasa memberikan dukungan secara penuh demi terlaksananya pembangunan di Kabupaten Blora.

"Karena keterlibatan seluruh pihak akan menjadi daya dorong yang kuat demi terwujudnya masyarakat Blora yang unggul dan berdaya saing," katanya.

Sementara itu, Sekretaris Bappeda Provinsi Jawa Tengah, Juwadi dalam pesannya secara virtual mengatakan, bahwa dalam perencanaan pembangunan, perlu adanya sinergitas antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah sekaligus lintas sektoral.

Juwadi menegaskan, perlunya mencermati berbagai aspek dalam merumuskan perencanaan, di antaranya yaitu adanya perubahan aturan, anggaran untuk penanggulangan Covid-19, arah kebijakan pusat sesuai RPJMN, kemiskinan, dan indeks pembangunan manusia.

"Untuk itu, perlu adanya terobosan baru dalam hal inovasi program dan pendanaan yang kreatif," kata dia. (*)

Penulis: Rifqi Gozali
Editor: sujarwo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved