Breaking News:

Berita Semarang

PLN Hadirkan New PLN Mobile, Aryta: Sudah 188 Ribu Pelanggan yang Gunakan di Jateng dan DIY 

Seiring dengan perkembangan digitalisasi, PLN menghadirkan aplikasi teranyarnya yakni New PLN Mobile.

ist
Lebih Dekat dengan Pelanggan, PLN Luncurkan Aplikasi New PLN Mobile 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG – Seiring dengan perkembangan digitalisasi, guna memudahkan pelanggan di tengah kondisi pandemi cCvid-19 ini, pada 20 Desember 2020 lalu PLN menghadirkan aplikasi teranyarnya yakni New PLN Mobile.

Manajer Bagian Pemasaran dan Pelayanan Pelanggan PLN UP3 Semarang, Aryta Wulandari menuturkan sejak diperkenalkan pada akhir tahun 2020 lalu, PLN mencatatkan sekira 188 ribu pengguna di Jateng dan DIY telah menggunakan aplikasi ini.

“Harapan kami dengan adanya peluncuran aplikasi New PLN Mobile ini, kami bisa memberikan kemudahan bagi pelanggan. Selain itu juga menjawab tantangan di tengah masa pandemi, dimana dalam kondisi saat ini terdapat pula pelanggan yang terhambat mobilitasnya, sehingga harapan kami pelanggan dapat terlayani dengan baik melalui aplikasi yang diunduh di masing-masing gadgetnya,” ujar Aryta dalam kegiatan Tribun Forum, Kamis, (4/3/2021).

Dijelaskannya dalam aplikasi New PLN Mobile ini, pelanggan bisa mendapatkan kemudahan layanan diantaranya seperti fitur token dan tagihan, dimana dalam fitur tersebut pelanggan bisa melakukan pembelian token, pembayaran tagihan, mendapatkan notifikasi pembayaran tagihan, dan memonitor pembelian token dan penggunaan listrik. Selain itu, pelanggan juga bisa melakukan ubah daya, melakukan SwaCam (Swadaya Catat Angka Meter) dan pengaduan.

“Dalam fitur pengaduan, pelanggan bisa mendapatkan informasi terkait dengan progres penyelesaian gangguan dan notifikasi pemadaman dan pemeliharaan dari PLN, dimana biasanya kami akan melakukan auto blast kepada pelanggan apabila ada titik-titik yang mengalami pemadaman atau pemeliharaan,” terangnya.

Lanjutnya, bagi pelanggan yang hendak menggunakan aplikasi ini cukup mengunduh melalui App Store atau Play Store. Aplikasi ini pun menawarkan kapasitas memori yang rendah hanya 26 mb. Dengan hanya mengunduh satu aplikasi saja, Aryta mengatakan aplikasi ini bisa digunakan hingga mencakup empat ID pelanggan PLN.

“Melalui aplikasi New PLN Mobile ini, kami menawarkan berbagai opsi pembayaran bagi pelanggan, mulai dari menggunakan dompet digital seperti Ovo, LinkAja, pembayaran dengan menggunakan kartu debit dan kredit juga bisa. New PLN Mobile juga menawarkan biaya administrasi yang lebih rendah, dimana untuk transaksi menggunakan LinkAja hanya dikenakan biaya Rp 550, Ovo dikenakan biaya administrasi Rp 2 ribu, sementara transaksi dengan Bank Mandiri gratis biaya administrasi,” imbuhnya.

Manajer PLN ULP Semarang Timur, Mulki Maulana menuturkan kedepannya New PLN Mobile akan terus berinovasi dengan memberikan berbagai kemudahan lainnya bagi pelanggan.

“Harapan kami kedepannya para pelanggan juga bisa memberikan masukan terkait dengan aplikasi ini, karena masukan dari pelanggan juga sangat berarti bagi kami. Adapun kedepannya kami sedang mengembangkan fitur, dimana pelanggan bisa melakukan chat langsung dengan PLN di wilayah setempat dan hingga saat ini masih dalam proses,” tutur Mulki.

Sementara itu, terkait dengan adanya kondisi banjir yang melanda beberapa titik di Jawa Tengah saat ini, PLN pun mengimbau kepada pelanggan apabila ingin memberikan pengaduan terkait dengan kelistrikan dapat langsung disampaikan melalui New PLN Mobile.

“Selain itu apabila berada dalam kondisi banjir, kami mengimbau pelanggan untuk mematikan instalasi listrik, mencabut peralatan listrik yang masih tersambung dengan stop kontak, dan apabila aliran listrik yang terkena air tidak padam maka dapat segera menghubungi PLN,” tandasnya. (*)

Penulis: Ruth Novita Lusiani
Editor: sujarwo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved