Breaking News:

Focus

Demi Konten Viral 

Sedemikian "pengorbanan" yang harus ia relakan untuk mendapatkan tanda "like" dan jumlah tayangan video

Penulis: moh anhar | Editor: muslimah
tribunjateng/bram
Moh Anhar wartawan Tribun Jateng ok 

oleh: M Anhar

MAU menyebutnya sebagai sebuah dunia antah-berantah, namun media sosial nyata-nyata memang punya dunia sendiri. Tanda "like", jumlah video tertonton, hingga jumlah follower media sosial, menjadi simbol kebanggaan masa kini.

Untuk mendapatkan simbol-simbol tersebut, apa saja dilakukan demi mendapatkannya, termasuk cara kreatif, nyeleneh, bahkan tak jarang yang tanpa memperhatkan adab, bahkan berbahaya.

Mereka menginginkan apa yang bisa diunggah menjadi sebuah video viral. Viral, dalam dunai maya, berarti menyebar luas dengan secara cepat. Video bisa sedemikian viral bukan hanya karena mengundang decak kagum, namun juga karena dianggap menarik, lucu, bahkan aneh.

Video yang rata-rata berdurasi satu menit memang tersendiri bagi content creator. Bagaimana satu menit itu bisa menjadi sangat berharga untuk mampu memantik perhatian.

Di Batang, Jumat (05/03/2021), seorang remaja, Bagas pradipta (15), warga Desa Loning, Petarukan, Pemalang harus dilarikan ke Puskesmas untuk mendapatkan perawatan.

Ia mengalami kecelakaan sat berkendara dengan sepeda motor, menabrak sebuah truk saat melakukan pengambilan gambar video truk lain yang berjalan oleng di jalan raya. Video itu hendak diunggahnya sebagai objek konten di media sosial!

Truk sengaja memamerkan kepiawaian melaju kencang dengan ber-zigzag di jalan raya, yang tentunya sudah jelas membahayakan pengguna jalan lainnya.

Sedemikian "pengorbanan" yang harus ia relakan untuk mendapatkan tanda "like" dan jumlah tayangan video.

Di Bandung cerita lain lagi. Seorang wanita harus berurusan dengan polisi militer dan Kepolisian RI (Polri) karena memakai pelat nomor TNI pada mobilnya. Setelah diselidiki, pelat nomor tersebut ternyata bodong alias tidak teregister. Wanita di Bandung, Jawa Barat itu rupanya mengaku hanya ingin bergaya menggunakan pelat nomor TNI.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved