Breaking News:

Berita Kabupaten Tegal

Siap-siap E-Tilang Akan Diterapkan di Wilayah Kabupaten Tegal, Begini Mekanismenya

Nantinya petugas akan mengirimkan surat kepada yang bersangkutan (pelanggar) untuk datang ke kantor

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI - Sistem E-Tilang atau E-TLE (Electronic Traffic Law Enforcement) rencananya akan segera diterapkan di wilayah Kabupaten Tegal. Namun untuk kapan dimulainya belum bisa dipastikan, karena masih dalam tahap berkoordinasi dengan pihak terkait.

Informasi tersebut disampaikan oleh Kasatlantas Polres Tegal, AKP Dwi Himawan Chandra, saat ditemui di ruang kerjanya pada Selasa (9/3/2021).

Adapun yang dimaksud E-Tilang adalah sistem tilang elektronik yang memanfaatkan sistem CCTV sebagai pengawasnya alih-alih polisi yang bertugas di jalanan.

"Rencana bulan ini memang ada launching E-Tilang khusus di beberapa lokasi. Kalau dari Satlantas Polres Tegal sarana dan prasarananya sudah kami siapkan. Termasuk koordinasi dengan unsur terkait seperti Pengadilan dan Kejaksaan, kaitannya dengan penentuan denda tilang.

Nantinya kalau sudah ditentukan berapa dan piranti juga sudah siap, tinggal langsung kami gelar atau terapkan," papar AKP Himawan, pada Tribunjateng.com.

Tidak hanya menggunakan sistem E-Tilang atau E-TLE yang statis (kamera CCTV di beberapa titik tertentu), tapi masing-masing petugas juga akan dibekali kamera GoPro yang diletakkan di helm.

Tujuannya, saat petugas sedang patroli atau tidak sengaja menjumpai orang yang melakukan pelanggaran lalu lintas, petugas bisa menindak secara langsung.

Karena semua buktinya sudah ada dalam rekaman kamera GoPro tersebut.

"Jadi saat menemukan pelanggaran petugas bisa menindak langsung karena bukti ada di rekaman video GoPro tadi. Tinggal sampaikan saja, misal selamat siang bapak sudah terekam kamera kami melakukan pelanggaran apa, pasal sekian, selanjutnya akan dikirimkan bukti pelanggaran sudah begitu saja. Nah rekaman tadi dikirim ke petugas pengoperasi untuk melakukan pengecekan," jelasnya.

Melalui rekaman yang diperoleh dari petugas dan diserahkan ke bagian operasional, akan terlihat apa saja poin pelanggarannya. 

Halaman
12
Penulis: Desta Leila Kartika
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved