Breaking News:

Berita Kendal

Bakeuda Kendal Pantau Transaksi 181 Hotel Resto dan Tempat Hiburan

Bakeuda Kendal bakal pasang alat perekam untuk pantau transaksi di 181 hotel, resto, dan tempat hiburan.

Istimewa
Petugas Bakeuda Kendal menunjukkan komputer yang nantinya digunakan untuk memantau transaksi tempat usaha kafe, restoran, dan tempat hiburan, Rabu (10/3/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, KENDAL - Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) Kendal bakal memasang alat perekam untuk memantau transaksi di 181 hotel, restoran, dan tempat hiburan yang ada di Kendal. Rinciannya adalah 46 hotel, 86 restoran, dan 49 tempat hiburan. 

Kepala Bakeuda Kendal, Agus Dwi Lestari mengatakan, pada tahap pertama sebanyak 100 alat akan dipasang dalam waktu dekat. Sedangkan sisanya menyusul ketika barang sudah siap.

Menurut Agus Dwi, pemasangan alat perekam ini dimaksudkan untuk mengetahui pungutan pajak yang ditarik para pengusaha hotel, restoran dan tempat hiburan. 

Dengan itu, Pemerintah Daerah dapat memantau dan menentukan besaran pajak ketiga tempat usaha itu untuk meningkatkan pendapatan pajak daerah. 

"Harapannya dengan alat perekam ini bisa meningkatkan target pajak dari yang sebelumnya mencapai Rp 134 miliar," terangnya, Rabu (10/3/2021).

Selain tiga tempat usaha, rencana pemasangan alat perekam transaksi bakal menyasar sejumlah rumah makan di Kendal.

Alat tersebut nantinya akan terkoneksi dengan server yang dipantau petugas Bakeuda sehingga keseluruhan transaksi bakal terpantau langsung. 

"Tahap pertama akan dipasang 100 alat hasil kerjasama dengan Bank Jateng. Nantinya jumlah nominal pembayaran pajak bakal lebih transparan," ujarnya.

Cara kerja alat tersebut dapat merekam transaksi atau belanja konsumen, sehingga besaran pajak yang ditarik pengusaha bakal terdeteksi. Dengan harapan, besarnya pajak yang sudah dihimpun bisa disetorkan ke kas daerah.

"Dari alat tersebut bisa mengawasi transaksi. Sehingga ada kesamaan antara pajak yang dipungut dari mayarakat melalui pengusaha dengan yang dibayarkan ke pemerintah," tuturnya. (*)

Penulis: Saiful Ma'sum
Editor: sujarwo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved