Breaking News:

Ngopi Pagi

FOKUS: Selebrasi Kamera

GOL… Teriakan warga di tepian lapangan begitu menggema seusai Bachtiar melesatkan bola ke gawang lawan. Seketika, pemain bernomor punggung 11 berlari

Penulis: deni setiawan | Editor: iswidodo
Bram Kusuma
Deni Setiawan 

Ditulis oleh wartawan Tribun Jateng, Deni Setiawan

GOL… Teriakan warga di tepian lapangan begitu menggema seusai Bachtiar melesatkan bola ke gawang lawan. Seketika, pemain bernomor punggung 11 berlari menghampiri pendukung timnya.

Dia berselebrasi bersujud di hadapan pendukung, yang kemudian disambut pelukan hangat sebagian penonton dan pemain lainnya. Setelah sekira 10 menit, pertandingan antarkampung tersebut pun dilanjut.

Itu sedikit gambaran suasana pertandingan di sebuah perkampungan di Kendal. Antara pemain dan penonton seakan tanpa ada batas.

Mereka yang menonton secara bebas menentukan lokasi, bahkan ada yang duduk di dahan pohon ataupun pagar rumah, asalkan tidak melewati batas berupa tali atau garis putih yang mengelilingi lapangan.

Kondisi agak berbeda ketika berada di Stadion Citarum Semarang, dan apalagi bila disejajarkan dengan yang ada di Italia maupun Inggris.

Berbicara penonton atau istilah lainnya supporter, dalam pertandingan sepak bola memang sudah menjadi bagian yang terpisahkan. Tak lagi sekadar pelengkap.

Hambar rasanya ketika suatu laga tanpa ada penonton. Suasana jadi terkesan sunyi, yang terdengar hanya teriakan pemain maupun pelatih yang sedang memberikan instruksi.

Bisa dibayangkan, semisal turnamen pramusim Liga 1, Piala Menpora 2021 tersebut digelar tanpa penonton. Supporter hanya bisa menyaksikan tim kebanggaannya melalui layar televisi ataustreaming Youtube.

Tapi mau bagaimana lagi, turnamen yang menjadi gerbang Liga 1 dan digelar pada 21 Maret hingga 25 April 2021 itu diharuskan tanpa penonton.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved