Breaking News:

Berita Pati

Kunjungi Pati, Dirjen Kementan dan Kemendag Pastikan Stok Sapi Lokal Bisa Cukupi Kebutuhan Ramadan

Wakil Bupati Pati Saiful Arifin mendampingi pejabat Kementan dan Kemendag mengunjungi peternakan PT IMI.

Tribun Jateng/Mazka Hauzan Naufal
Wakil Bupati Pati Saiful Arifin (paling kiri) mendampingi pejabat Kementerian Pertanian (Kementan) dan Kementerian Perdagangan (Kemendag) mengunjungi peternakan PT Indonesia Multi Indah (PT IMI) milik Sutomo di Kecamatan Margorejo, Selasa (23/3/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, PATI - Wakil Bupati Pati Saiful Arifin mendampingi pejabat Kementerian Pertanian (Kementan) dan Kementerian Perdagangan (Kemendag) mengunjungi peternakan PT Indonesia Multi Indah (PT IMI) milik Sutomo, Selasa (23/3/2021).

Pejabat kementerian yang melakukan kunjungan ialah Direktur Jenderal (Dirjen) Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Kementan Nasrullah dan Dirjen Perdagangan Dalam Negeri (PDN) Kemendag Syailendra.

Kunjungan ini dilakukan untuk memastikan kecukupan stok sapi potong di peternakan milik Sutomo yang berada di Kecamatan Margorejo tersebut.

Hal ini untuk memastikan tercukupinya kebutuhan daging sapi nasional, terutama untuk bulan Ramadan yang tak lama lagi tiba.

“Hari ini kami memastikan dari aspek produksi, bahan baku untuk pangan kita, dalam hal ini sapi, yang menurut perkiraan terjadi kelangkaan nantinya akibat stok dari negara yang selama ini diambil (Australia) berkurang dan harga tinggi,” ujar Dirjen PKH Kementan Nasrullah.

Dia menyebut, berdasarkan peninjauannya, sapi lokal cukup tersedia dengan harga kompetitif, sehingga bisa mengamankan kestabilan pasokan daging sapi untuk momen Ramadan dan Lebaran Idulfitri.

Nasrullah menambahkan, stok sapi potong di peternakan yang ia kunjungi di Pati ini juga bisa menyuplai pasokan untuk wilayah sentra konsumen, yakni Jabodetabek dan Bandung Raya. Kedua wilayah tersebut memang dinilai rawan kelangkaan dan kenaikan harga.

“Kami pastikan (stok cukup). Di sini saja (PT IMI) sampai lebaran bisa sediakan 2 ribu ekor. Ini baru satu titik,” kata dia.

Dia menyebut, kebutuhan daging sapi secara nasional untuk bulan puasa mendatang ialah 58 ribu ton.

“Kemudian di bulan Mei agak tinggi karena bersamaan masih puasa dan lebaran, sekitar 60 ribu ton,” tutur Nasrullah.

Halaman
12
Penulis: Mazka Hauzan Naufal
Editor: sujarwo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved