Breaking News:

ETLE

4 Orang Warga Ketahuan Melanggar ETLE Polres Blora: Tak Pakai Helm dan Ngeblong Lampu Merah

Uji coba penerapan tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (ETLE) di Blora terdapat empat pelanggar.

Tribun Jateng/ Rifqi Gozali
Seorang anggota Satlantas Polres Blora tengah memantau pengendara dari pusat kendali ETLE di Kantor Satlantas Polres Blora. 

TRIBUNJATENG.COM, BLORA - Uji coba penerapan tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (ETLE) di Blora terdapat empat pelanggar.

Masing-masing pelanggar tidak mengenakan helm dan menerobos lampu merah.

"Mulai kemarin sudah kami uji coba, bahkan (kami kirim) surat konfirmasi kepada sejumlah pelanggar. Kemarin kami kirim empat surat untuk pelanggarannya yang tidak memakai helm dan melanggar lampu merah," ujar Kasatlantas Polres Blora, AKP Edi Sukamto, kepada Tribunjateng.com, Kamis (25/3/2021).

Sukamto melanjutkan, para pelanggar yang terekam oleh closed circuit television (CCTV) melakukan pelanggaran itu adalah pengendara yang melintas di Jalan Ahmad Yani, atau persisnya di Pertigaan Kejaksaan.

Para pelanggar itu, lanjut Sukamto, telah dikirim surat konfirmasi pelanggaran melalui Kantor Pos. Untuk penebusan denda pelanggaran, kata dia, pelanggar bisa menghubungi saluran siaga atau hotline yang diberikan polisi melalui surat pelanggaran.

"Ini statusnya masih uji coba," tandas dia.

Saat ini, sudah ada dua CCTV yang digunakan untuk penerapan tilang elektronik. Selain di Pertigaan Kejaksaan, satu CCTV juga terpasang di Perempatan Biandono.

"Juga akan ditambah satu kamera lagi untuk ETLE," tandas dia.

Selain itu, juga terdapat tiga kamera pemantau yang telah terpasang di Perempatan Grojogan di Jalan Pemuda, Jalan arah Purwodadi, dan di Tugu Pancasila. Kamera pemantau ini hanya sebagai pemantau arus sekaligus memantau kepadatan lalu lintas.

Dengan adanya tilang elektronik ini, Sukamto berpesan agar masyarakat senantiasa mematuhi peraturan lalu lintas. Meski tidak ada petugas, karena ada ETLE pelanggar bisa terpantau.

"Pemantauan ya 24 jam. Makanya kami pesan patuhi peraturan lalu lintas agar selamat di jalan," tandasnya.

(*)

Penulis: Rifqi Gozali
Editor: Daniel Ari Purnomo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved