Breaking News:

Sandiaga Minta UMKM Melek Digital, Tribun Network dan HP Ajak UMKM Garap Brand

Komunikasi brand dapat dibangun melalui visual produk yang menarik, misalnya melalui media promosi seperti brosur. peran media promosi sangat penting

(Dok. Kemenparekraf)
Menparekraf Sandiaga Uno 

JAKARTA, TRIBUN - Tribun Network bersama HP Indonesia menggelar web seminar bagi 50 pelaku UMKM. Webinar bertajuk 'Solusi Bisnis Andalan Kita: Membangun Komunikasi Brand dengan Visual Menarik' itu berhasil menarik antusiasme pelaku UMKM untuk meraih materi food photography dan branding visual.

Dalam webinar itu, hadir sebagai keynote speech Michele Huang, Print Category Director HP SEA and Indonesia, serta Sandiaga Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia (Menparekraf).

Selain itu, hadir pula pemateri dari berbagai latar belakang profesional untuk membantu desain visual dan branding produk UMKM, yakni Iwan Andryanto, Professional Food and Product Photographer; Caroline Samosir, penggiat UMKM @ParisDiJakarta; dan Aditya Suryadinaga, Print Consumer Market Development Manager, HP Indonesia.

Michele Huang mengatakan, peran komunikasi brand tak hanya berguna untuk menjangkau lebih banyak konsumen, melainkan juga untuk menumbuhkan minat beli konsumen. Komunikasi brand dapat dibangun melalui visual produk yang menarik, misalnya melalui media promosi seperti brosur.

Di era serba digital ini, menurut dia, peran media promosi sangat penting untuk menggaet konsumen. Dalam hal ini, HP berkomitmen untuk terus hadir sebagai solusi bagi pelaku UMKM. Hal itu ditunjukkan melalui berbagai program pemberdayaan UMKM, yaitu HP Life.

"HP melihat usaha-usaha UMKM ini menjadi cara kreatif untuk memaksimalkan penggunaan dari biaya pemasaran mereka. Melalui program HP Life, UMKM bisa mendapat berbagai solusi dan kiat sukses untuk mengatasi tantangan-tantangan spesifik,” kata Michele Huang.

“HP berkomitmen membantu para wirausahawan mengembangkan usaha mereka melalui perangkat-perangkat yang kami hadirkan agar menjadi solusi bisnis UMKM," imbuhnya.

Sandiaga mengapresiasi webinar ini. Menurut dia, dampak covid-19 secara signifikan mempengaruhi pendapatan perusahaan. Hal itu mendorong perlunya digital marketing yang terintegrasi serta peralihan pemasaran dari offline ke marketplace.

"Oleh karena itu, untuk mengembalikan giat perekonomian pemerintah meluncurkan program Gerakan Bangga Buatan Sendiri Indonesia, sekaligus upaya turut membantu UMKM yang terdampak pandemi. Tentunya kita berharap melalui gerakan itu, ekonomi para pelaku UMKM terus terdongkrak lebih baik,” tuturnya.

Sandi juga berpesan kepada pelaku UMKM untuk melek digital. Menurut dia, sudah saatnya UMKM go digital, agar pemasarannya bersifat global dan cepat.

"Digitalisasi menjadi kunci UMKM untuk berkembang maju. Kita berharap UMKM bisa lebih besar, sehingga bisa menopang perekonomian Indonesia," tambahnya.

Sandi juga mendorong pelaku UMKM untuk melakukan penguatan brand, dan melakukan riset terharap segmen pasarnya. Selain itu juga memahami perilaku konsumen, dan sering mendengar masukan dan kritikan yang membangun dari konsumen, sehingga terbentuk produk yang baik dan laku di pasaran.

"Saat ini pemerintah juga sedang fokus mengembangkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, di mana dua bidang tersebut harus berkolaborasi untuk menciptakan ekonomi yang kuat," tandasnya. (Tribunnews/Fandi Permana)

Editor: Vito
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved