Breaking News:

Berita Semarang

Jadi Prodi Terfavorit, Psikologi Undip Bertekad Cetak Lulusan Handal yang Siap Bersaing

Program Studi S1 Psikologi pada Fakultas Psikologi Undip menjadi program studi terfavorit.

Istimewa
Kampus Undip Semarang. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Program Studi S1 Psikologi pada Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro (Undip) menjadi program studi terfavorit pada Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021 ini dengan jumlah pendaftar sebanyak 1.750 peserta.

Secara keseluruhan, Undip masih termasuk dalam daftar perguruan tinggi negeri terfavorit untuk SNMPTN 2021. Itu ditunjukkan animo pendaftar yang masih sangat tinggi. Tercatat ada 26.408 pendaftar jalur SNMPTN dengan jumlah yang diterima adalah 2.106 calon mahasiswa.

Dekan Fakultas Psikologi Undip, Dian Ratna Sawitri mengatakan, banyak faktor yang membuat Prodi Psikologi jadi pilihan, di antaranya adalah branding aktif dan cerdas yang mampu menarik minat tinggi calon mahasiswa.

"Peran aktif kiprah dosen di masyarakat, prestasi mahasiswa di level nasional dan internasional, dan peran alumni di dunia kerja, serta penyajian informasi kegiatan fakultas ke masyarakat yang dikelola tim humas profesional," katanya, dalam keterangannya di Semarang, Minggu (28/3/2021).

Memiliki program studi S1 Psikologi dan S2 Psikologi serta dengan didukung 38 dosen dan 35 tenaga kependidikan, Fakultas Psikologi Undip bertekad untuk mencetak lulusan handal yang siap bersaing di dunia kerja.

Kualifikasi lulusan S1 Psikologi Undip meliputi konselor, asesor, peneliti, pendidik, pelaku usaha mandiri dan ekonomi kreatif, pemimpin, trainer/fasilitator, konsultan, pengembang program, asisten psikolog, serta praktisi pemasaran dan hubungan masyarakat.

"Dengan kualifikasi tersebut, lulusan Fakultas Psikologi dapat bekerja di instansi pemerintah di pusat maupun daerah, BUMN, perusahaan swasta, di bidang kesehatan (RSU, RSJ), institusi pendidikan (sekolah dan universitas) serta wirausahawan, seperti membuka sekolah atau biro psikologi," ucapnya.

Menurutnya, Fakultas Psikologi Undip telah berhasil menunjukkan daya saingnya di era modern ini. Dengan visi menjadi pusat pengembangan psikologi berbasis keluarga Indonesia yang adaptif terhadap perubahan jaman di Asia Tenggara pada tahun 2025, Fakultas Psikologi Undip senantiasa mendukung Undip menjadi excellent research university.

Secara umum, katanya, psikologi adalah ilmu yang mempelajari tentang perilaku manusia, dan keterampilan akademik yang diajarkan di Fakultas Psikologi Undip meliputi penguasaan psikologi dasar, asesmen psikologi dasar, dasar konseling dan intervensi, metode penelitian psikologi, dan sebagainya.

"Pembelajaran di masa pandemi ini full online. Metode pembelajaran online menggunakan Ms Teams, dapat berupa ceramah, diskusi, presentasi, penayangan video pembelajaran, pemberian tugas, dan case study," paparnya.

Misalnya, lanjutnya, dalam mata kuliah Psikologi Pendidikan, mahasiswa diberi tugas membuat video pembelajaran untuk siswa dari beragam jenjang pendidikan, dalam mata kuliah Asesmen Inteligensi, mahasiswa diperkaya dengan role play.

Di mana mahasiswa mempelajari administrasi dan skoring instrumen psikologis, dalam mata kuliah Asesmen dan Intervensi mahasiswa diberi beragam kasus. Dan dalam mata kuliah Psikologi Konseling, serta Observasi dan Wawancara, mahasiswa melihat video pembelajaran yang diberikan oleh dosen dan kemudian menyelesaikan tugasnya dalam bentuk membuat video.

"Meskipun dilakukan secara online, proses pembelajaran tetap diupayakan secara optimal oleh Fakultas Psikologi Undip dengan menggunakan fasilitas pendukung yang lengkap," jelasnya.

Menanggapi tingginya animo pendaftar program studi Psikologi pada SNMPTN 2021, Sawitri mengucapkan rasa bangga dan terima kasih kepada seluruh civitas academika khususnya di Fakultas Psikologi Undip.

"Saya berterima kasih kepada Rektor dan jajarannya atas dukungan yang diberikan, para dosen dan tenaga kependidikan atas kinerja optimalnya, mahasiswa atas prestasinya, dan juga alumni yang sudah banyak berkiprah di masyarakat, yang kesemuanya membuat masyarakat percaya untuk mendaftar di Fakultas Psikologi," tuturnya. (*)

Penulis: m zaenal arifin
Editor: sujarwo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved