Breaking News:

Berita Tegal

Program Pendataan Keluarga Serentak Mulai 1 April 2021, Elliya: Target di Kabupaten Tegal 447.594 KK

BKKBN pusat melalui Dinas P3AP2KB, akan menggelar program Pendataan Keluarga secara serentak mulai 1 April sampai 31 Mei 2021. 

Humas Diskominfo Kabupaten Tegal
Dialog mengusung tema Pendataan Keluarga 2021 “Pendataan, Awal Perencanaan Keluarga” dalam Bincang Kreatif di Radio Slawi FM Selasa (30/3/2021) lalu. (ISTIMEWA: Humas Diskominfo Kabupaten Tegal) 

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) pusat melalui Dinas P3AP2KB, akan menggelar program Pendataan Keluarga secara serentak mulai 1 April sampai 31 Mei 2021. 

Informasi ini disampaikan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3AP2KB) Kabupaten Tegal Elliya Hidayah, dalam Bincang Kreatif di Radio Slawi FM Selasa (30/3/2021) lalu. 

Dialog yang mengusung tema Pendataan Keluarga 2021 “Pendataan, Awal Perencanaan Keluarga” menghadirkan tiga narasumber yakni Kepala Dinas P3AP2KB Elliya Hidayah, Penyuluh KB Kecamatan Talang Ma'aroh, dan Kader Desa Kaligayam Kecamatan Talang Solikhati. 

Baca juga: Ini Unggahan Terakhir Zakiah Aini di Instagram Sebelum Beraksi Serang Mabes Polri

Baca juga: Kisah Truk Bawa Pohon Baobab Raksasa di Jalur Pantura Tujuan Semarang, Sopir Rasakan Keanehan

Baca juga: Dwi Indriati Meninggal Kecelakaan di Tol Nganjuk-Madiun, Mobil Karimun Ringsek Kena Belakang Truk

Baca juga: Zakiah Aini Datang Diantar Seorang Pria Sebelum Serang Mabes Polri: Dia Tidak Turun dari Mobil

Tujuan dari talkshow ini adalah mensosialisasikan kepada masyarakat agar siap berpartisipasi dalam pendataan keluarga di tahun 2021.

Menurut Elliya, Pendataan Keluarga adalah kegiatan pengumpulan data primer tentang data Pembangunan Keluarga, data Kependudukan, data Keluarga Berencana, dan data Anggota Keluarga. 

Pendataan dilakukan oleh masyarakat bersama pemerintah (BKKBN) secara serentak pada waktu yang telah ditentukan. 

“Kegiatan ini dilakukan setiap lima tahun sekali melalui kunjungan ke keluarga dari rumah ke rumah. Adapun target KK yang akan didata se Kabupaten Tegal sebanyak 447.594 KK dan petugas pendata sebanyak 3.672 orang," jelas Elliya, dalam rilis yang diterima Tribunjateng.com, Kamis (1/4/2021). 

Mengenai sasaran pendataan, Elliya menyebut keluarga yang didata haruslah tinggal di wilayah tersebut sekurang-kurangnya 6 bulan, atau jika kurang maka dipastikan keluarga tersebut berencana menetap di wilayah tersebut sekurang-kurangnya 6 bulan. 

"Saya berpesan kepada masyarakat hendaknya menyiapkan beberapa data jika petugas datang untuk melakukan survey. Data yang dimaksud adalah Data Kependudukan yang meliputi nama anggota keluarga, NIK, tanggal lahir, jenis kelamin, agama, status pekerjaan, dan Pendidikan," pesan Elliya. 

Selain data kependudukan, data Keluarga Berencana juga perlu disiapkan meliputi jumlah anak, jumlah anak yang diinginkan, status dan usia kehamilan, jenis alat kontrasepsi yang dipakai, dan tempat pelayanan KB. 

Halaman
12
Penulis: Desta Leila Kartika
Editor: M Syofri Kurniawan
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved