Breaking News:

Berita Brebes

Hebh Fenomena Hujan Es di Banjarharjo Brebes, Ini Penjelasan Resmi BMKG

Masyarakat di Kecamatan Banjarharjo, Kabupaten Brebes, digegerkan dengan fenomena hujan es seukuran kelereng, pada Kamis (8/4/2021) kemarin

Tribunjateng.com/Akhtur Gumilang
Hujan es. Ilustrasi: Hujan es di Desa Sumbarang, Kecamatan Jatinegara, Kabupaten Tegal. 

TRIBUNJATENG.COM,TEGAL - Masyarakat di Kecamatan Banjarharjo, Kabupaten Brebes, digegerkan dengan fenomena hujan es seukuran kelereng, pada Kamis (8/4/2021) kemarin. 

Hujan es diperkirakan terjadi pukul 15.30 WIB. 

Kejadian tersebut berlangsung sekira 30 menit. 

Prakirawan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Tegal, Sayful Amri mengatakan, fenomena hujan es atau hail memang biasa terjadi di masa peralihan musim atau pancaroba. 

Ia menjelaskan, fenomena tersebut bermula dari aktifnya monsun Australia yang memicu terbentuknya monsoon trough di perairan selatan Jawa. 

Kemudian adanya konveksi dari Madden Jullian Oscillation (MJO) dan gelombang Equatorial Rossby (ER) semakin mendukung terbentuknya Siklon Tropis Seroja dan bibit siklon di perairan selatan Jawa. 

"Kondisi tersebut kemudian meningkatkan potensi terbentuknya awan-awan konvektif di beberapa wilayah Jawa, termasuk di Banjarharjo, Kabupaten Brebes," katanya kepada tribunjateng.com

Kemudian, jelas Sayful, kondisi panas matahari yang kuat pada pagi hari di Banjarharjo, memicu terjadinya penguapan yang besar. 

Hal itu memicu atmosfer yang labil dan membentuk awan kovektif yang menjulang tinggi. 

Sehingga sebagian besar awan tersebut merupakan es. 

Halaman
12
Penulis: Fajar Bahruddin Achmad
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved