Breaking News:

Berita Kendal

Pandemi Covid-19 Tahun ke 2 Tradisi Tukuder Sambut Ramadhan di Masjid Kaliwungu Kembali Ditiadakan

Pengurus Masjid Al Muttaqin Kaliwungu Kabupaten Kendal akhirnya sepakat menidakan kembali tradisi tahunan Tukuder pada 2021 ini.

Istimewa
Masyarakat memadati pasar sore Kaliwungu meski tradisi Tukuder ditiadakan, Senin (12/4/2021). 

Penulis: Saiful Masum.

TRIBUNJATENG.COM, KENDAL - Pengurus Masjid Al Muttaqin Kaliwungu Kabupaten Kendal akhirnya sepakat menidakan kembali tradisi tahunan Tukuder pada 2021 ini. Sebelumnya, Tukuder atau biasa dikenal Dukderan menyambut datangnya Ramadhan juga ditiadakan pada 2020 karena pandemi Covid-19.

Masyarakat pun menanti-nantikan pagelaran tradisi yang menyuguhkan pasar kuliner khas Kaliwungu itu. Karena Tukuder di setiap tahunnya menjadi daya tarik sendiri bagi masyarakat Kendal dan sekitarnya yang diperingati pada waktu sore menjelang Maghrib sebelum menjalani puasa Ramadhan keesokan harinya.

Seorang warga, Letari Kurniasih mengatakan, ia mangaku sudah menanti-nantikan tradisi tersebut dengan berkunjung langsung ke halaman masjid atau sekitar alun-alun Kaliwungu.

Namun, Lestari tak menjumpai tradisi yang biasa dihadiri ribuan orang itu pada Ramadhan kali ini.

"Sebenarnya sudah rindu tradisi Tukuder. Kemarin sudah tidak diadakan, tak pikir tahun ini diadakan. Yah bagaimana lagi karena masih suasana pandemi Covid-19," terangnya, Senin (12/4/2021).

Kekecewaan hati Lestari akhirnya terobati dengan kulineran di pasar sore. Meski tak ada tradisi, ia tetap bisa membeli sejumlah jajanan khas Kaliwungu bersama anaknya. 

Seperti halnya Ndokmimi yang dijual di emperan jalan.
"Ini kebetulan ada yang jualan Ndokmimi, makanan khas Kaliwungu. Sedikit mengobati rindu ya," terangnya.

Tukuder atau Dukderan adalah tradisi tahunan yang biasa diperingati warga Kaliwungu di halaman Masjid Al Mutaqqin Kaliwungu Kendal jelang masuk Ramadhan. 

Tradisi ini dilakukan dengan pemukulan kentongan dan bedug masjid tuk-tuk der satu hari sebelum ummat muslim menjalankan puasa. Kentongan dan bedug ditabuh pada sore hari menjelang waktu Maghrib tiba.

Halaman
12
Penulis: Saiful Ma'sum
Editor: rival al manaf
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved