Breaking News:

Berita Semarang

Bantu Kebutuhan Peserta JKN-KIS, BPJS Satu! Terjun ke Lapangan

Petugas BPJS SATU! BPJS Kesehatan Cabang Semarang turun memantau sekaligus melakukan survey kepuasan peserta JKN-KIS yang telah memperoleh pelayanan.

Istimewa
Guna memastikan kepuasan peserta JKN-KIS, petugas BPJS SATU! BPJS Kesehatan Cabang Semarang turun memantau sekaligus melakukan survey kepuasan peserta JKN-KIS yang telah memperoleh pelayanan kesehatan di rumah sakit, pada Senin (29/3/2021).  

Penulis: Ruth Novita Lusiani

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Petugas BPJS SATU! BPJS Kesehatan Cabang Semarang turun memantau sekaligus melakukan survey kepuasan peserta JKN-KIS yang telah memperoleh pelayanan kesehatan di rumah sakit, pada Senin (29/3/2021). Hal ini dilakukan untuk memastikan kepuasan peserta JKN-KIS terjaga.

Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta, Anif Saofika Pratama mengatakan adanya petugas BPJS SATU! ini diharapkan bisa menjawab kebutuhan informasi dan pengaduan dari pasien JKN-KIS maupun masyarakat umum yang tengah mengakses layanan kesehatan di rumah sakit, sehingga berbagai permasalahan dan kendala yang sering ditemui oleh peserta di lapangan dapat dipetakan dan menjadi perhatian lebih lanjut untuk terus meningkatkan kepuasan peserta.

“Kepuasan pasien terhadap kemudahan informasi, menyampaikan kritik dan saran serta ketepatan pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan tentunya akan berdampak pada kepercayaan masyarakat pada Program JKN-KIS. Kami mengharapkan setiap peserta dapat terlayani dengan baik. Rumah sakit sebenarnya juga memiliki unit informasi dan pengaduan yang menangani kebutuhan informasi pasien, namun dengan dukungan dari BPJS SATU! ini diharapkan pasien peserta JKN-KIS memperoleh informasi dan penanganan kendala secara tepat, efektif dan efisien,” tuturnya, Selasa, (13/4/2021). 

Ia menambahkan, selama pandemi Covid 19, layanan BPJS SATU! yang biasanya dilakukan tatap muka, dialihkan melalui telepon maupun chatting. Peserta JKN-KIS dan masyarakat dapat menemukan poster yang berisikan nomor telepon petugas BPJS SATU! di setiap sudut rumah sakit.

Guna menunjang kebutuhan peserta JKN-KIS, BPJS Kesehatan juga memiliki fitur pelayanan peserta melalui Chat Assistant JKN (CHIKA) di nomor Whatsapp 08118750400 dan Telegram, serta Voice Interactive JKN (VIKA) melalui BPJS Kesehatan Care Center 1500400 untuk pelayanan informasi dan pengaduan. Selain itu, juga ada Pelayanan Administrasi melalui Whatsapp (PANDAWA) Kota Semarang dan Kabupaten Demak melalui nomor 081229456210.

Selain itu, peserta JKN-KIS juga dapat mengakses Mobile JKN untuk memudahkan akses informasi dan mengajukan pengaduan ke BPJS Kesehatan. Berbagai keuntungan lain juga dapat dirasakan peserta seperti, layanan konsultasi dokter, melihat riwayat pelayanan kesehatan dan juga adanya kartu KIS digital. 

“Selama menggunakan kartu JKN-KIS, saya tidak pernah mengalami kesulitan yang berarti. Seluruh biaya pelayanan kesehatan saya juga dijamin oleh JKN-KIS. Saya merasa sangat beruntung karena tidak pernah mengeluarkan sepeserpun, bahkan pelayanannya juga sudah sangat bagus,” ucap salah satu peserta JKN-KIS, Zunaeti. (Ute) 

Penulis: Ruth Novita Lusiani
Editor: rival al manaf
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved