Breaking News:

Berita Jateng

Ganjar Sebut Kebutuhan Infrastruktur Gas Bumi di Jateng Mendesak

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menuturkan, kebutuhan gas bumi untuk kebutuhan domestik di Jateng sangat vital dalam produktivitas masyarakat.

Tribun Jateng/ Mamdukh Adi
Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo (kanan) dan Direktur Utama PT Jateng Petro Energi (JPEN) (Perseroda), Muchammad Iqbal, memberikan pernyataan terkait progres penyediaan gas bumi untuk Jateng 

Penulis: Mamdukh Adi Priyanto

TRIBUNJATENG.COM,SEMARANG- Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menuturkan, kebutuhan gas bumi untuk kebutuhan domestik di Jateng sangat vital dalam produktivitas masyarakat.

Apalagi, untuk pemenuhan energi di kawasan industri. Seperti diketahui, ada beberapa kawasan industri di Jateng yang merupakan pasar potensial gas bumi.

Namun demikian, Jateng membutuhkan infrastruktur gas bumi yang merata sehingga akses energi bisa efisien dan kompetitif seiring berdirinya sejumlah kawasan industri baru.

"(Pipa gas) Gresik-Semarang (Gresem) sudah jadi. Cuma dari barat (Cirebon-Semarang/Cisem) ini tidak selesai-selesai. Padahal, kalau jadi semua, Semarang itu jadi titik temu barat dan timur."

"Harapan kita tentunya ada alokasi yang diberikan untuk Jateng. Sehingga sejumlah kawasan industri yang eksisting serta yang sedang disiapkan dapat suplai gas," kata Ganjar usai memberikan sambutan pada acara Jateng Gas Business Gathering PT Jateng Petro Energi di Semarang, Kamis (15/4/2021).

Selain Kawasan Industri Kendal, yang sedang dibangun yakni Kawasan Industri Terpadu Batang. Sementara yang sedang ancang-ancang dibangun dan sudah masuk dalam Peraturan Presiden Nomor 79 Tahun 2019 yakni Kawasan Industri Brebes.

Dengan banyaknya industri baru di wilayah ini, sehingga kebutuhan gas bumi sangat mendesak. Namun hal itu belum didukung dengan infrastruktur gas atau pipanisasi.

Dengan peningkatan utilisasi gas di Jawa Tengah, diharapkan dapat memberikan kualitas energi yang stabil dengan harga yang lebih efisien sehingga dapat meningkatkan daya saing industri-industri di Jateng.

"(Kawasan Industri) Kendal dan Batang diharapkan segera dapat suplai gas. Sehingga industri dari para investor cukup efisien. Semoga pemerintah pusat dapat mempercepat itu (pembangunan infrastruktur gas)," tegasnya.

Halaman
12
Penulis: mamdukh adi priyanto
Editor: rival al manaf
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved