Breaking News:

Tadarus

TADARUS Muhamad Sochib: Keutamaan Sedekah saat Ramadan

Bulan Ramadan adalah bulan yang penuh keberkahan, kemuliaan serta keistimewaan

tribunjateng/ist
Tadarus ditulis oleh Muhamad Sochib, Wakil Sekretaris PWNU Jateng 

Ditulis oleh Muhamad Sochib, Wakil Sekretaris PWNU Jateng

TRIBUNJATENG.COM - Kedatangan bulan Ramadan setiap tahunnya tak henti menjadi penghibur hati orang mukmin. Bagaimana tidak, beribu keutamaan ditawarkan di bulan ini. Pahala diobral, ampunan Allah bertebaran memenuhi setiap ruang dan waktu. Seorang yang menyadari kurangnya bekal yang dimiliki untuk menghadapi hari penghitungan kelak, tak ada rasa kecuali sumringah menyambut Ramadan. Insan yang menyadari betapa dosa melumuri dirinya, tidak ada rasa kecuali bahagia akan kedatangan bulan Ramadan.

Bulan Ramadan adalah bulan yang penuh keberkahan, kemuliaan serta keistimewaan. Bagi setiap Muslim yang menjalankan ibadah atau amalan di bulan Ramadan, akan mendapat ganjaran berlipat ganda. Salah satu amalan yang dapat dilakukan di bulan Ramadan adalah bersedekah. "Sedekah paling utama adalah sedekah di bulan Ramadan." (HR At-Turmudzi dari Anas)

Saat Ramadan, umat Islam diwajibkan menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh. Tidak hanya itu, seorang muslim juga dianjurkan untuk memperbanyak sedekah dibandingkan dengan bulan-bulan lainnya mengingat bulan ini adalah bulan kala Nabi Muhammad paling banyak berderma.

Diriwayatkan, Nabi Muhammad pernah ditanya tentang sedekah yang paling utama. Ketika itu beliau menjawab, "Sedekah yang paling utama adalah sedekah pada bulan Ramadan." (H.R Al-Baihaqi).

Dalam riwayat lain, disebutkan Rasulullah saw. menjadi lebih dermawan ketika tiba pada bulan Ramadan, ketika beliau ditemui oleh Malaikat Jibril pada setiap malam untuk membaca dan mempelajari al-Qur’an. Ketika ditemui Jibril, Rasulullah lebih dermawan daripada angin yang ditiupkan. Melihat keterangan di atas, bulan Ramadan menjadi waktu yang tepat bagi umat Islam untuk memperbanyak sedekah seperti yang diajarkan oleh Nabi Muhammad. Sedekah sendiri tidak hanya berwujud uang atau barang yang diberikan kepada pihak yang membutuhkan atau badan-badan amal yang terkait. Namun, bisa juga berupa pikiran dan tenaga yang mampu memberikan kebaikan bagi orang lain.

Kedermawanan Mukmin

Salah satu pintu yang dibuka oleh Allah untuk meraih keuntungan besar dari bulan Ramadan adalah melalui sedekah. Islam sering menganjurkan umatnya untuk banyak bersedekah. Dan bulan Ramadan, amalan ini menjadi lebih dianjurkan lagi. Dan demikianlah sepatutnya akhlak seorang mukmin, yaitu dermawan. Allah dan Rasul-Nya memerintahkan bahkan memberi contoh kepada umat Islam untuk menjadi orang yang dermawan serta pemurah. Ketahuilah bahwa kedermawanan adalah salah satu sifat Allah Ta’ala, sebagaimana hadits:

‏“Sesungguhnya Allah Ta’ala itu Maha Memberi, Ia mencintai kedermawanan serta akhlak yang mulia, Ia membenci akhlak yang buruk.” (HR. Al Baihaqi, di shahihkan Al Albani dalamShahihul Jami’, 1744)

Dari hadits ini demikian dapat diambil kesimpulan bahwa pelit dan bakhil adalah akhlak yang buruk dan bukanlah akhlak seorang mukmin sejati. Begitu juga, sifat suka meminta-minta, bukanlah ciri seorang mukmin. Bahkan sebaliknya seorang mukmin itu banyak memberi. Sebagaimana sabda Rasulullahshallallahu ‘alaihi wa sallam:

Halaman
12
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved