Breaking News:

Berita Batang

Digarap Kementerian PUPR, Sejumlah Pekerjaan KIT Batang Ditarget Rampung Juni 2021

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus mempercepat proses pembangunan Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang

TribunJateng.com/Mamdukh Adi Priyanto
Sejumlah alat berat dan angkutan material tanah sedang beroperasi di lahan Kawasan Industri Terpadu Batang yang ada di sisi jalan tol Trans Jawa 

TRIBUNJATENG.COM,SEMARANG - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus mempercepat proses pembangunan Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang.

KIT Batang memiliki luas keseluruhan 4.300 hektare dan dibagi menjadi tiga kluster di mana kluster 1 merupakan kluster yang akan dikembangkan pada fase 1, khususnya pada lahan seluas 450 hektare.

"Ada tujuh proyek atau paket yang dikerjakan melalui kami. Saat ini ada dua yang dikerjakan dan progress-nya hampir 50 persen. Akhir Juni kemungkinan sudah selesai," kata Kepala Satker Pembangunan Jalan Nasional (PJN) Wilayah 1 Balai Besar Pembangunan Jalan Nasional (BBPJN) Jateng dan DIY Kementerian PUPR, Javid Hurryanto, dalam diskusi secara virtual terkait pembangunan KIT Batang, Selasa (20/4/2021).

Dua paket yang dikerjakan itu yakni 11A dan 11B yang mana mengerjakan infrastruktur pendukung semisal jembatan, saluran irigasi, dan jalan konektivitas.

Pada proyek 1.1.A, kata dia, proyek pengerjaan telah mencapai 44 persen. Fokusnya pengerjaan struktur jembatan dengan bentang 120 meter yang melintasi Sungai Mata Air. Jembatan dikerjakan dengan sistem girder.

Selain jembatan ada juga pengerjaan struktur jalan beton setebal 30 sentimeter serta saluran drainase di dalam kawasan.

Sedangkan untuk proyek 1.1.B, capaian pekerjaan mencapai 45 persen dengan fokus pengerjaan jembatan Kali Kembar dengan bentang 80 meter. Serta pekerjaan drainase.

"Dua paket ini dialokasikan anggaran 350 miliar. Ini masih ongoing, Juni ditargetkan selesai. Ini masih ada sisa waktu dua bulan pelaksanaan. Ada Lebaran juga nanti diharapkan bisa selesai tepat waktu," katanya.

Sementara, lima paket proyek lainnya diharapkan rampung akhir 2021 dan 2022 mendatang.

Selain sederetan fasilitas lengkap yang akan dibangun di kawasan tersebut, KIT Batang memiliki beberapa keunggulan lokasi.

Halaman
12
Penulis: mamdukh adi priyanto
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved