Breaking News:

Pendidikan

Wakil Rektor 1 Universitas Ivet Terbitkan Buku Manajemen PAUD Terpadu

Universitas Ivet (Unisvet) kembali mencetak dosen yang berprestasi dengan diterbitkannya sebuah buku hasil karya dosen yang juga merupakan Warek.

Istimewa
Wakil Rektor 1 Unisvet, Bidang Akademik yaitu Dr Luluk Elyana, memaparkan terkait buku hasil karyanya. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Universitas Ivet (Unisvet) kembali mencetak dosen yang berprestasi dengan diterbitkannya sebuah buku hasil karya dosen yang juga merupakan Wakil Rektor 1 Bidang Akademik yaitu Dr Luluk Elyana.

Kegiatan peluncuran buku ini ditandai dengan acara bedah buku berjudul Manajemen PAUD Terpadu dan peresmian Unisvet Press yang digelar secara daring, Selasa (20/04/2021).

Rektor Unisvet, Prof Dr Rustono menyampaikan, merasa bangga terhadap dosen yang semakin banyak menorehkan prestasi di tengah pandemi Covid-19.

"Saya sangat bersyukur bahwa semangat para dosen yang ada di Unisvet ini sangat besar walaupun di tengah masa pendemi. Terbukti dengan adanya hasil karya sebuah buku yang berjudul Manajemen PAUD Terpadu," katanya.

Menurut Prof Rustono, buku hasil karya Wakil Rektor 1 Unisvet itu sangat berguna sekali di berbagai kalangan terutama bagi guru-guru PAUD sebab di dalamnya berisi bagaimana mengatur tata kelola manajemen PAUD di era new normal.

"Kami juga berharap ke depan makin banyak dosen hingga karyawan yang bisa menghasilkan karyanya dalam bentuk buku. Sebab buku itu merupakan bahan referensi dan ilmu baru bagi kalangan pendidik," harapnya.

Sementara itu, Wakil Rektor 1 Unisvet, Dr Luluk Elyana menjelaskan bahwa banyak tantangan dalam membuat sebuah hasil karya buku tersebut. Dalam pembuatan buku itu, ia membutuhkan waktu kurang lebih 9 Bulan di luar dari proses pencetakan.

"Di dalam pembuatannya, banyak sekali masukan dari berbagai ahli dan saya sangat bersyukur sebab masukan para ahli ini bisa menjadi bahan referensi untuk bisa menulis," ujarnya.

Luluk juga menyampaikan banyak kendala yang dialami dalam pembuatan buku. Utamanya terkait kesibukannya menjalankan tugas sebagai Wakil Rektor 1 Unisvet.

"Sangat berat sekali apalagi banyak target yang harus dikerjakan untuk bisa membuat perguruan tinggi ini semakin baik. Maka dari itu di tengah kesibukan ini saya menyempatkan diri untuk tetap semangat dalam menyelesaikan buku yang nantinya juga akan menjadi bahan ajar bagi para mahasiswa," tuturnya.

Menurutnya, dalam pembuatan sebuah buku perlu adanya kepekaan terhadap perubahan. Untuk itu, ia berharap pengalamannya menjadi acuan bagi dosen-dosen yang lain agar bisa memanfaatkan situasi saat membuat sebuah karya.

Dalam kesempatan itu juga, Prof Rustono melaunching unit penerbitan milik Unisvet. Unit penerbitan dibentuk karena semakin banyaknya dosen dan karyawan yang semangat dalam membuat buku.

"Di hari ini juga kami resmikan unit baru yaitu Unisvet Press yang mana semua hasil karya dari dosen dan karyawan yang ingin dibukukan bisa melalui unit tersebut," katanya.

Tidak hanya dosen dan karyawan saja, unit penerbitan tersebut juga bisa dimanfaatkan mahasiswa bahkan khalayak umum yang ingin membukukan hasil karyanya. (Nal)

Penulis: m zaenal arifin
Editor: rival al manaf
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved