Breaking News:

Berita Semarang

BPJS Kesehatan Cabang Semarang Tetap Berikan Pelayanan Tatap Muka di Bulan Ramadan

BPJS Kesehatan Semarang tetap laksanakan pelayanan tatap muka dengan jam operasional lebih singkat.

Istimewa
Pelayanan yang dilakukan BPJS Kesehatan Cabang Semarang kepada satu diantara pesertanya. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Memasuki bulan Ramadhan tahun ini, BPJS Kesehatan Cabang Semarang tetap melaksanakan pelayanan tatap muka dengan jam operasional yang lebih singkat, yaitu dimulai pukul 08.00 sampai dengan 14.00 WIB, setiap hari Senin sampai Jumat. 

Kepala Bidang SDM, Umum dan Komunikasi Publik BPJS Kesehatan Cabang Semarang, Agung Dwi Handoko menuturkan terbatasnya waktu pelayanan tersebut tidak menyurutkan kualitas pelayanan yang diberikan kepada peserta JKN-KIS.

“Bukan berarti kita memberikan pelayanan dengan seadanya karena buru-buru untuk menyelesaikan secara cepat,” ucapnya dalam keterangannya, Selasa, (27/4/2021). 

Terkait hal tersebut, BPJS Kesehatan juga menggenjot pelayanan digital non tatap muka melalui Pelayanan Administrasi melalui Whatsapp (PANDAWA). Melalui PANDAWA, peserta dapat mengurus administrasi pendaftaran dan penambahan peserta baru dan bayi baru lahir, perubahan segmen kepesertaan, data identitas peserta, data golongan dan gaji peserta, penggantian Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), pengaktifan kembali peserta, perbaikan data PBI, serta penonaktifan peserta meninggal dengan sesuai jam operasional melalui WhatsApp di nomor 081229456210.

Adapun cakupan pelayanan PANDAWA BPJS Kesehatan Cabang Semarang meliputi Kota Semarang dan Kabupaten Demak. Bagi wilayah lain, peserta dapat menghubungi kantor BPJS Kesehatan cabang terdekat, atau peserta dapat mencatat nomor PANDAWA di setiap kantor cabang di wilayahnya.

“Pelayanan kepesertaan melalui PANDAWA ini sudah kami jalankan sejak awal pandemi, dan di bulan Ramadhan ini kami ingin selalu memberikan kemudahan pelayanan peserta JKN-KIS. Peserta bisa dapat beribadah dengan tenang, dan kartu JKN-KISnya tetap dapat digunakan,” imbuhnya.

Selain itu Agung mengatakan, peserta JKN-KIS juga dapat mengakses fitur pelayanan peserta melalui Chat Assistant JKN (Chika) di nomor WhatsApp 08118750400, Telegram, Voice Interactive JKN (Vika) melalui BPJS Kesehatan Care Center 1500400 untuk memperoleh informasi dan melakukan pengaduan apabila ada kendala pada kartu JKN-KIS.

“Meski dialihkannya berbagai pelayanan kepesertaan melalui gawai, selama bulan Ramadhan peserta bisa tetap berkunjung ke kantor BPJS Kesehatan untuk mengurus kepesertaan JKN-KIS. Bagi peserta JKN-KIS yang langsung datang ke kantor tidak perlu khawatir, karena BPJS Kesehatan Cabang Semarang mengutamakan protokol kesehatan sesuai ketentuan yang telah ditetapkan oleh pemerintah,” terangnya.!

Salah satu warga Kota Semarang dari segmen peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI), Wahyuni (44) mengungkapkan dirinya merasa puas saat mendapat pelayanan di kantor BPJS Kesehatan Cabang Semarang walau disaat pandemi.

“Pada saat pelayanan kantor terasa lengang, mungkin juga karena bulan puasa sehingga masyarakat lebih banyak di rumah. Tadi di infokan juga kalau mengurus JKN-KIS bisa melalui Whatsapp ataupun memakai aplikasi Mobile JKN. Menurut saya cukup membantu terutama saat pandemi,” kata Wahyuni. (*) 

Penulis: Ruth Novita Lusiani
Editor: sujarwo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved