Breaking News:

Berita Sragen

Bupati Sragen Apresiasi Program Internet Milik Desa

Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati melaunching program Internet Milik Desa di Balai Desa Ngargotirto, Kecamatan Sumberlawang, Sragen.

Tribun Jateng/ Mahfira Putri Maulani
Peresmian internet milik desa Ngargotirto Kecamatan Sumberlawang, Sragen, Senin (26/4/2021) 

Penulis : Mahfira Putri Maulani

TRIBUNJATENG.COM, SRAGEN – Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati melaunching program Internet Milik Desa di Balai Desa Ngargotirto, Kecamatan Sumberlawang, Sragen.

Internet milik desa ini merupakan hasil kerjasama antara Bank Djoko Tingkir dengan BUMDes. Bank memberikan pinjaman kepada BUMDes untuk pembuatan jaringan internet di desa.

Direktur Utama Perusahaan Daerah Bank Perkreditan Rakyat (PD BPR) Djoko Tingkir Sragen Titon Darmasto mengatakan setidaknya ada 15 desa yang telah melakukan MOU dengan pihaknya.

Saat ini, baru Desa Ngargotirto dengan 204 pelanggan yang sudah tersambung internet. Dalam waktu dekat setidaknya bulan Mei Desa Ngargosari yang berbatasan dengan Ngargotirto bisa berjalan.

"Ada 15 desa yang sudah MOU dengan kami dan siap di tahun ini bisa dirilis, namun yang lima ini akan dioptimalkan di semester satu dengan pengelolaan BUMDes," kata Titon, Senin (26/4/2021).

Ia melanjutkan pihaknya telah melakukan pengecekan dengan BUMDes siapa saja pelanggan yang akan menggunakan jaringan internet milik desa.

Melalui BUMDes ini dia mengatakan pemberdayaan desa juga bisa berjalan. Pemberdayaan internet tidak hanya membuat desa menjadi maju namun juga warganya ikut maju.

"Pandemi ini tidak tahu seperti apa, namun desa hadir membantu masyarakat dalam  hal mendapatkan fasilitas internet yang murah, cepat dan tidak ada trouble seperti yang sudah-sudah," katanya.

Desa Ngargotirto telah meminjam sebesar Rp 110 juta kepada pihak bank dan akan diangsur selama 5 tahun. Sementara cicilan setiap bulannya sebesar Rp 2,9 juta.

Halaman
12
Penulis: Mahfira Putri Maulani
Editor: rival al manaf
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved