Breaking News:

Ngopi Pagi

FOKUS: Jalan Tikus Jalan Selamat

Mulai pukul 00.00 WIB tadi malam, kepolisian resmi melakukan aktivitas penyekatan jalur lintas darat.

tribunjateng/cetak/grafis bram kusuma
Abduh Imanulhaq atau Aim wartawan Tribun Jateng 

Ditulis oleh Wartawan Tribun Jateng, Abduh Imanulhaq

TRIBUNJATENG.COM - Mulai pukul 00.00 WIB tadi malam, kepolisian resmi melakukan aktivitas penyekatan jalur lintas darat. Penyekatan ini berlaku selama masa larangan mudik hingga tanggal 17 Mei mendatang.

Kita tahu Lebaran tinggal beberapa hari lagi, musim libur hari raya pun sudah di depan mata. Namun, situasi pandemi memaksa pemerintah menerbitkan larangan mudik bagi siapa pun tanpa terkecuali.

Ada sejumlah lokasi penyekatan yang berada di perbatasan antarkota/kabupaten. Mulai dari jalur biasa hingga jalan bebas hambatan.

Setidaknya ada 381 titik utama penyekatan tersebar dari Sumatera sampai ke Bali. Polri sudah menegaskan pengendara yang tetap nekat mudik tak akan lolos, bahkan jika melewati jalan tikus sekalipun.

Tak hanya menyasar pemudik bermobil melainkan juga mereka yang menggunakan sepeda motor. Terang di pelabuhan dan bandara, pemeriksaan akan berlangsung lebih ketat daripada di jalur darat.

Tentu saja ketegasan petugas kepolisian ini tak main-main atau sekadar lip service. Perlu dipahami, jabatan para pemimpin Bhayangkara di daerah masing-masing menjadi taruhannya jika anggota lalai dalam bertugas.

Itulah sebabnya titik-titik penyekatan ini dipublikasikan jauh-jauh hari sebelum masa larangan mudik resmi berlaku. Termasuk yang berada di jalur-jalur alternatif, semisal di Darupono jalur perbatasan Kota Semarang dan Kabupaten Kendal.

Sejumlah jalan tikus atau jalur kendaraan yang tidak melewati jalan utama sudah terpetakan oleh aparat berwenang. Kepala Badan Pemelihara Keamanan Polri Komjen Pol Arief Sulistyanto sudah memperingatkan calon pemudik tidak nekat lewat jalan-jalan tersebut.

Jadi jangan mudah percaya kalau ada yang berani menawarkan jasa antar sampai ke rumah memakai iming-iming jalan tikus. Dibandingkan tahun lalu, yakinlah tahun ini penyekatan pemudik berlangsung lebih ketat.

Halaman
12
Penulis: Abduh Imanulhaq
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved