Breaking News:

Berita Semarang

Evaluasi Distribusi KIS, BPJS Kesehatan Semarang Cek Langsung ke Peserta

BPJS Kesehatan Cabang Semarang pastikan masyarakat telah menerima kartu Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Istimewa
Pelayanan yang dilakukan BPJS Kesehatan Cabang Semarang kepada satu diantara pesertanya. 

Penulis: Ruth Novita Lusiani 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - BPJS Kesehatan Cabang Semarang pastikan masyarakat di wilayah Kota Semarang dan Kabupaten Demak baik terutama daerah pinggiran telah menerima kartu Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Kegiatan spotcheck kartu ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan BPJS Kesehatan Cabang Semarang terutama setelah dilakukan distribusi Kartu Indonesia Sehat (KIS) khususnya Penerima Bantuan Iuran (PBI).

Setiap kunjungannya petugas BPJS Kesehatan akan mengambil lima sampel keluarga. Selain memastikan telah diterimanya kartu JKN-KIS secara tepat sasaran, juga memastikan data yang tertera pada kartu KIS sesuai dengan identitas peserta.

Baca juga: Ketua BKPRMI Jateng Minta Pengurus Tiap Daerah Kawal Pelaksanaan Prokes Salat Idul Fitri

Baca juga: Video Rem Sepeda Ontel Blong Seorang Pria Luka Parah di Kepala

“Selain itu kami juga memastikan bahwa yang bersangkutan masih hidup atau sudah meninggal karena banyak diantaranya sudah meninggal tetapi belum melaporkan ke kantor kami sehingga bisa dilakukan updating data juga,” tutur Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Semarang, Anif Saofika P, dalam keterangannya, Jumat, (7/5/2021). 

Suhardi, salah satu peserta PBI APBN yang berdomisili di Wonosalam, Kabupaten Demak mengaku senang dan bersyukur ketika mendapatkan KIS yang iurannya dibayarkan pemerintah.

“Sepanjang memperoleh KIS, saya sudah berulang kali menggunakannya di puskesmas, Alhamdulillah selalu mendapatkan pelayanan yang baik, dokter dan perawatnya ramah,” ucapnya.

Baca juga: Video Menikmati Indahnya Pegunungan Muria dari Bubaaan Hills Pati

Dirinya dan keluarga sungguh berterima kasih kepada pemerintah dan BPJS Kesehatan, selain sebagai peserta, dikunjungi langsung oleh petugas BPJS Kesehatan dirinya merasa sangat diperhatikan, selain itu juga karena program JKN-KIS ini memberikan manfaat bagi dirinya dan keluarganya.

Ia tidak perlu khawatir jika jatuh sakit, karena biaya berobatnya telah dijamin oleh JKN-KIS.

 “Sudah kewajiban kami untuk memenuhi hak peserta yang telah terdaftar pada program JKN-KIS ini berhak untuk mendapatkan identitas peserta,” imbuh Anif.

Selain proses kroscek data, BPJS Kesehatan juga memberikan berbagai informasi pelayanan kepada peserta, diharapkan peserta dapat menggunakan KIS sesuai dengan prosedur, serta juga mengingatkan untuk selalu memperbarui data peserta jika ada perpindahan anggota keluarga ataupun ada keluarga yang telah meninggal. (Ute) 

Penulis: Ruth Novita Lusiani
Editor: rival al manaf
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved