Breaking News:

Berita Cilacap

1 ABK Kapal Asing Asal Filipina yang Berlabuh di Cilacap Meninggal karena Covid, Sempat ke India

Diberitakan sebelumnya jika kapal asing asal Filipina itu bermuatan gula rafinasi yang hendak berlabuh di Dermaga IV Tanjung Intan, Cilacap

istimewa
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap Pramesti Griana Dewi saat mengumumkan tiga PDP dinyatakan negatif virus corona, Rabu, (1/4/2020). 

TRIBUNJATENG.COM, CILACAP - Seorang Anak Buah Kapal (ABK), kapal asing dari Filipina yang sempat berlabuh ke Cilacap dan positif Covid-19, dinyatakan meninggal dunia. 

ABK itu adalah atas inisial D (50) warga negara Filipina

Pasien tersebut dirawat di RSUD Cilacap sejak 30 April 2021, dan dinyatakan meninggal dunia hari ini, Selasa (11/5/2021) pukul 02.25 WIB.

Sesuai aturan di Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor 424 Tahun 2007, jenazah yang meninggal karena penyakit menular tidak dapat dibawa keluar dari wilayah Republik Indonesia. 

"Saat ini sedang dikoordinasikan lebih lanjut oleh agen kapal, Kedutaan Besar Filipina dan pihak keluarga. Apakah akan dimakamkan di Indonesia atau jenazah dikremasi kemudian abunya dibawa ke Filipina," ujar Kepala Dinas Kesehatan Cilacap, Pramesti Griyana Dewi dalam rilisnya kepada Tribunbanyumas.com.

Berdasarkan kronologi, pada 30 April 2021 sekira pukul 17.36 WIB, pasien tersebut masuk IGD rujukan KKP Cilacap dengan keluhan batuk, sesak nafas. 

Pasien sudah dilakukan pemeriksaan swab PCR tanggal 25 April 2021 dan terkonfirmasi positif Covid. 

Selanjutnya pada 5 Mei 2021 pukul 09.00 WIB, pasien mengalami penurunan kondisi dengan keluhan sesak nafas semakin memberat, saturasi oksigen menurun.

Pasien dipindahkan ke ruang pengawasan ICU Covid Amarilis untuk mendapatkan penatalaksanaan lebih intensif. 

Kemudian program pemberian terapi Immunoglobulin Intravena rencana pemberian selama 5 hari.

Halaman
12
Penulis: Permata Putra Sejati
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved