Breaking News:

Berita Banyumas

Stok Darah PMI Banyumas Selama Lebaran Cukup, Libur Lebaran Mobil Unit Donor Darah Ditiadakan

Selama libur lebaran dari tanggal 12-15 Mei 2021, stok darah di PMI Banyumas masih cukup. 

TRIBUNBANYUMAS/Ist.
Kegiatan donor darah yang dilaksankan di UDD Sokaraja Banyumas, pada Selasa (11/5/2021). 

TRIBUNBANYUMAS.COM, BANYUMAS -  Selama libur lebaran dari tanggal 12-15 Mei 2021, stok darah di PMI Banyumas masih cukup. 

Akan tetapi kegiatan mobil unit (MU) Unit  Donor Darah (UDD) PMI Kabupaten Banyumas, ditiadakan atau tidak melayani donor darah.

Ketua PMI Kabupaten Banyumas, Sadewo Tri Lastiono melalui Kepala UDD dokter Ivone Rusyandari mengatakan meski kegiatan mobil unit ditiadakan stok darah dipastikan aman.  Terutama untuk melayani kebutuhan masyarakat selama lebaran masih cukup.

''Stok darah yang sekarang ada diprediksi cukup dan aman untuk kebutuhan hingga lebaran,'' kata Sadewo kepada Tribunbanyumas.com, Kamis (13/5/2021). 

Kepala UDD PMI Banyumas, dokter Ivone Rusyandari menambahkan stok darah yang ada saat kegiatan MU terakhir tanggal 11 Mei 2021, diprediksi jumlah total ada sekitar 1.600 kantong. 

Hingga tanggal 16 Mei 2021 diprediksi masih sekitar 1.100 kantong.  Kemudian hingga tanggal 20 Mei 2021, stok diperkirakan masih sekitar 700 kantong.

Meski stok mencukupi, kata dia, untuk beberapa golongan darah, seperti golongan darah A, sudah mulai kritis di tanggal 13 Mei dan seterusnya. 

Untuk golongan darah yang lain di tanggal 20 Mei, stok mulai pas-pasan.

''Untuk perkiraan kami, stok darah akan mengalami lonjakan peningkatan pada dua minggu pasca lebaran.  Ini yang perlu diwaspadai,'' katanya. 

Menurut dia, kalau melihat dari data yang ada, kritikal poin-nya saat tanggal 20 Mei 2021.  Mulai tanggal tersebut harus segera dinaikan lagi jumlah stoknya.

Halaman
12
Penulis: Permata Putra Sejati
Editor: sujarwo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved